STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS IV DI MI MATHOLI’UL HUDA 01 TROSO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

LILIK MILLATUS SHOFA, 141310003207 (2019) STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS IV DI MI MATHOLI’UL HUDA 01 TROSO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003207_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003207_BAB I.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003207_BAB II.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003207_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003207_BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003207_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003207_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan penerapan Metode Drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas IV di MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif karena data tidak berbentuk angka yang ditandai dengan pelaporan data dari subjek yang diteliti. Subjek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dan peserta didik kelas IV MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Kemudian hasil dari data dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan Metode Drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara yaitu: siswa memperhatikan, dan menjawab pertanyaan dari guru sehingga siswa mampu menangkap dan menyampaikan materi yang diajarkan.
Penelitian ini untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Metode Drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Matholi’ul Huda 01 Troso Pecangaan Jepara. Faktor pendukung diantanya yaitu pertama faktor intern seperti faktor fisiologis atau jasmaniah dan faktor psikologis. Kedua, faktor ekstern seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Dan faktor penghambat yaitu perbedaan karakteristik siswa, keterbatasan waktu dan sarana prasarana belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Studi Deskriptif, Metode Drill, Al-Qur’an Hadist.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:53
Last Modified: 14 Mar 2022 03:53
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2540

Actions (login required)

View Item View Item