PENDIDIKAN ETIKA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK PERSPEKTIF KITAB HIDAYAH AL-ADZKIYA’ KARYA SYAIKH ZAINUDDIN BIN ALI AL-MALIBARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

MUQIMATUL ANIQOH, 151310003391 (2019) PENDIDIKAN ETIKA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK PERSPEKTIF KITAB HIDAYAH AL-ADZKIYA’ KARYA SYAIKH ZAINUDDIN BIN ALI AL-MALIBARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003391_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003391_BAB I.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003391_BAB II.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003391_BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003391_BAB IV.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003391_BAB V.pdf - Published Version

Download (982kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003391_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui Pendidikan Etika Islam bagi Peserta Didik dalam kitab hidayah al-adzkiya’ karya syaikh Zainuddin bin Ali Al-Malibari (2) untuk mengetahui relevansi pendidikan etika islam bagi peserta didik dalam kitab hidayah al-adzkiya’ karya syaikh Zainuddin bin Ali Al-Malibari dengan pendidikan islam kontemporer
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset kepustakaan (library research) yaitu dengan cara membaca dan memahami buku-buku yang menjadi sumber data. Langkah berikutnya adalah menstabilkan data pada sumber primer (kitab Hidayah al-Adzkiya) dan membuat tabel data (loading data) serta mendeskripsikanya. Disamping itu juga mencari data-data lain yang diperlukan (sumber sekunder) melalui internet, majalah, artikel serta berbagai banyak data yang dapat dijadikan referensi terkait.
Hasil dari penelitian penulis dalam skripsi ini secara keseluruhan terbagi dalam 2 bagian: (1) Dalam kitab Hidayah al-Adzkiya’, Syaikh Zainuddin banyak membahas tentang pendidikan etika Islam khususnya bagi peserta didik. Dalam hal ini bisa dilihat dari materi etika (akhlak) yang tersurat, diantaranya: berteman dan ‘uzlah (membatasi pergaulan), memanfaatkan waktu, etika membaca (bagi para pencari ilmu), hal-hal yang harus diperhatikan dalam mencari ilmu, etika makan dan etika tidur. (2) Relevansi pendidikan etika Islam bagi peserta didik dalam kitab hidayah al-adzkiya’ karya Syaikh Zainuddin bin Ali al-Malibari dengan pendidikan Islam kontemporer memang cukup relevan. Hal ini dibuktikan dari tujuan Syaikh Zainuddin yang dimaksudkan dalam kitab ini, yaitu untuk menanamkan keimanan dan ketakwaan manusia khususnya bagi pencari ilmu atau peserta didik kepada Allah SWT dan bagaimana cara berperilaku yang baik dan benar, baik dalam hubungannya dengan Allah SWT, dengan dirinya sendiri, dengan sesama manusia, maupun dengan lingkungannya, yang bertujuan untuk mendapat ridha Allah SWT dan memperoleh kebahagiaan di dunia hingga di akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fathur Rohman, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Etika Islam, Peserta Didik, Pendidikan Islam Kontemporer.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:07
Last Modified: 14 Mar 2022 02:07
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2529

Actions (login required)

View Item View Item