STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI SEKOLAH WUSTHO DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI SEKOLAH WUSTHO KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDUNG JEPARA

VIVI RAVITA, 151310003366 (2019) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI SEKOLAH WUSTHO DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI SEKOLAH WUSTHO KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003366_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003366_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003366_BAB II.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003366_BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003366_BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003366_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003366_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang mengikuti sekolah wustho; (2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang tidak mengikuti sekolah wustho; (3) Komparasi hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang mengikuti sekolah wustho dengan siswa yang tidak mengikuti sekolah wustho. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparasi. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 24 Agustus sampai dengan 24 September tahun 2019 pada tahun pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 2 Kedung Jepara. Teknik yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi.Wawancara dilaksanakan dengan kepala sekolah, guru, dan siswa kelas VIII. Dokumentasi berupa hasil belajar Pendidikan Agama Islam serta data lainyang relevan. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kedung Jepara yang berjumlah 57 siswa. Sampel siswa yang mengikuti sekolah wustho berjumlah 7 siswa dan sampel siswa yang tidak mengikuti sekolah wustho berjumlah 50 siswa. Analisis data menggunakan uji-t Independent sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang mengikuti sekolah wustho dalam kategori sangat baik dengan rata-rata nilai 88. Sedangkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang tidak mengikuti sekolah wustho dalam kategori baik dengan rata-rata nilai 79. Hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan t hitung 5,675 ≥ t tabel 2,021, dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang mengikuti sekolah wustho dengan siswa yang tidak mengikuti sekolah wustho. Saran yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pihak sekolah terutama guru untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan salah satunya adalah dengan mengerti kondisi serta latar belakang pendidikan siswa. Sehingga dapat mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Wustho
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:18
Last Modified: 10 Mar 2022 04:18
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2525

Actions (login required)

View Item View Item