PEMBINAAN AKHLAK DI MI TA’LIMUL ATHFAL GUYANGAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ANIK HIDAYAH, 141310003043 (2019) PEMBINAAN AKHLAK DI MI TA’LIMUL ATHFAL GUYANGAN BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003043_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003043_BAB I.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003043_BAB II.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003043_BAB III.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003043_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003043_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pembinaan akhlak di MI Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antarfenomena yang diamati, dengan menggunkan logika ilmiah.
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk memaparkan upaya pembinaan akhlak di MI Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembinaan akhlak di MI Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak di MI Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis datanya dengan cara menafsirkan kode berupa angka dari hasil pengumpulan data akan dirubah ke dalam bentuk kualitatif yang terbagi menjadi tiga kategori yakni sangat baik, baik, dan cukup.
Pembinaan akhlak di MI Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara dilaksanakan dengan metode pembiasaan, ceramah dalam pembelajaran, keteladanan, metode cerita/kisah, dan metode nasihat. Sedangakan media yang digunakan dalam membina akhlak adalah media bacaan, media gambar, simbol, dan tulisan.
Pembinaan akhlak MI Ta’limul Athfal Guyangan Bangsri Jepara dikatakan berhasil, hal ini dapat dilihat pada indikator keberhasilannya adalah peserta didik memiliki sikap spiritual dan sikap sosial yang baik. Sikap spiritual melaksanakan shalat dengan persentase 100% baik, berdo’a sebelum belajar sangat baik dengan persentase 100%, terbiasa mengucapkan kalimat tayyibah dengan capaian baik sebanyak 100%, sedangkan sikap sosial toleransi termasuk dalam kategori baik sebesar 100%, sikap peduli dan percaya diri sebesar 97%, kerjasama sebesar 100%, kejujuran indikator tidak menyontek saat ulangan sebesar 97%, indikator berkata dengan sebenarnya 100%.
Faktor yang mendukung dalam upaya pembinaan akhlak MI Ta’limul Athfal Bangsri Jepara adalah adanya rasa tanggung jawab yang tinggi dari warga madrasah, hubungan baik pihak sekolah dengan wali murid, komite sekolah dan tokoh agama di masyarakat. Sedangkan faktor yang menghambat pembinaan akhlak adalah pengaruh lingkungan, kurangnya kepedulian wali murid kepada anaknya, latar belakang pendidikan keagamaman di masing-masing keluarga berbeda-beda, dan sarana dan prasarana pendidikan yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Natsir, S.S., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Akhlak.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:05
Last Modified: 01 Mar 2022 03:05
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2506

Actions (login required)

View Item View Item