KONSEP MANAJEMEN WAKTU DALAM ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN (Studi Analisis QS. Ibrahim Ayat 33-34)

SITI MUKARROMAH, 151310003413 (2019) KONSEP MANAJEMEN WAKTU DALAM ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA PADA PENDIDIKAN (Studi Analisis QS. Ibrahim Ayat 33-34). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003413_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003413_BAB I.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003413_BAB II.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003413_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003413_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003413_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003413_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ayat yang menyangkut tentang konsep manajemen waktu dalam QS. Ibrahim ayat 33-34, dan untuk mengetahui implementasi manajemen waktu pada pendidikan yang terkandung dalam QS. Ibrahim ayat 33-34.
Penelitian ini berupaya untuk mengungkap Konsep Manajemen Waktu dalam Islam dan Imlpementasinya Pada Pendidikan yang terdapat dalam QS. Ibrahim Ayat 33-34, maka jenis penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan atau disebut library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Tegasnya riset pustaka membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Dalam hal ini penelitian difokuskan dalam memahami ayat-ayat al-Qur’an surah Ibrahim ayat 33-34 yang mengandung konsepsi tentang manajemen waktu, sehingga dalam mencari data menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, penulis tidak cukup hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interpretasi dan pengkajian secara mendalam setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan content analysis, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi yang ada, dan juga dengan analisis deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka.
Hasil penelitian mengenai Konsep Manajemen Waktu dalam Islam dan Implementasinya Pada Pendidikan (Studi Analisis QS. Ibrahim Ayat 33-34) menurut penafsiran para Mufasir yaitu: QS. Ibrahim ayat 33-34 menjelaskan tentang sebagian kekuasaan Allah SWT dan anjuran untuk mengingat nikmat-nikmat-Nya yang telah dilimpahkan kepada manusia. Senantiasa bersyukur dan taat kepada Allah SWT terhadap banyaknya nikmat yang tak terhitung dan tak terhingga dan betapa pentingnya menjaga waktu. Karena Allah SWT telah menciptakan alam semesta ini dengan segala kebesaran-Nya. Dan implementasi konsep manajemen waktu pada pendidikan berdasarkan tafsir QS. Ibrahim ayat 33-34 yaitu bahwa Allah SWT telah menundukkan matahari dan bulan supaya kita dapat belajar dari keduanya. Dan Allah juga menciptakan malam dan siang agar kita bisa membagi waktu dan memanfaatkannya dengan baik. Kita tidak akan sanggup menghitung nikmat Allah SWT, dan banyak manusia yang sangat dzalim dan sangat mengingkari nikmat Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Hj. Ana Rahmawati, Lc., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Konsep Manajemen Waktu, Pendidikan, Tafsir QS. Ibrahim Ayat 33-34.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 01 Mar 2022 03:00
Last Modified: 01 Mar 2022 03:00
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2501

Actions (login required)

View Item View Item