KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN

MUHAMMAD SA’DULLAH LATHIF, 141310003241 (2019) KONSEP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003241_COVER.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003241_BAB I.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003241_BAB II.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003241_BAB III.pdf - Published Version

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003241_BAB IV.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003241_BAB V.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003241_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana pandangan Abdullah Nashih Ulwan tentang pendidikan agama pada anak usia dini dalam Kitab Tarbiyah Aulad Fil Islam, (2) Bagaimana Implementasi konsep pendidikan agama Islam pada anak usia dini menurut Abdullah Nashih Ulwan di lingkungan keluarga.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Yaitu penelitian yang tidak hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interprestasi dan pengkajian secara mendalam di setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut dalam mengumpulkan data menggunakan kajian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Sedangkan dalam pengumpulan data, menggunakan teknik dokumentasi, artinya data dikumpulkan dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan judul yang diangkat oleh penulis dan juga dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan bentuk angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan content analisis atau analisis atau analisis isi, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu pesan komunikasi yang ada.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pandangan Abdullah Nashih Ulwan tentang Pendidikan agama Islam pada anak usia dini adalah bahwa Islam menganjurkan agar pendidikan diberikan sedini mungkin karena usia ini merupakan masa yang penting untuk menanamkan pendidikan. Pembinaan agama pada anak harus mampu menumbuhkan dan mengembangkan fitrah (keimanan). Implementasi konsep pendidikan agama Islam pada anak usia dini Menurut Abdullah Nashih Ulwan di lingkungan keluarga adalah: Dalam siklus kehidupan manusia, masa usia dini merupakan sebuah priode yang paling penting, namun sekaligus juga merupakan suatu priode yang sangat berbahya, oleh sebab itu memerlukan perhatian dalam kesungguhan dari pihak-pihak yang bertanggung jawab kehidupan anak. dengan pendidikan anak yang ada di Indonesia tersebut sangat relevan baik dari sisi normatif, idiologis, aplikatif, maupun kontekstualis dan dapat diterapkan dalam konteks ke Indonesiaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan, Agama Islam, Anak Usia Dini
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 01 Mar 2022 02:58
Last Modified: 01 Mar 2022 02:58
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2500

Actions (login required)

View Item View Item