MODEL PENDIDIKAN ANAK DI DESA BONDO JEPARA SEBAGAI UPAYA MENEMUKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA (Studi Komparasi Pola Asuh Keluarga Seagama dan Beda Agama)

AYU WIDYAWATI, 151310003505 (2019) MODEL PENDIDIKAN ANAK DI DESA BONDO JEPARA SEBAGAI UPAYA MENEMUKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA (Studi Komparasi Pola Asuh Keluarga Seagama dan Beda Agama). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003505_COVER.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003505_BAB I.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003505_BAB II.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003505_BAB III.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003505_BAB IV.pdf - Published Version

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003505_BAB V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003505_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui model pendidikan anak di Desa Bondo Jepara. (2) Untuk mengetahui nilai-nilai toleransi beragama di Desa Bondo Jepara. (3) Untuk mengetahui pola asuh keluarga seagama (Islam dengan Islam maupun Kristen dengan Kristen) dan keluarga beda agama (Kristen dengan Islam) di Desa Bondo Jepara. (4) Untuk mengetahui perbedaan model pendidikan anak keluarga seagama dan beda agama dalam menumbuhkan nilai-nilai toleransi di Desa Bondo Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis komparasi yaitu membandingkan. Untuk mengumpulkan data yang menjadi fokus penelitian meliputi perbandingan pola asuh keluarga seagama dan beda agama di Desa Bondo dalam pembentukan toleransi beragama anak, apakah sesuai dengan teori dalam model pendidikan atau tidak.
Data yang terkumpul dianalisa dengan metode pengumpulan data yaitu observasi (pengamatan), wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Model pendidikan anak yang diterapkan orang tua di Desa Bondo adalah model pendidikan keteladanan, model pendidikan inklusif, model pendidikan kedisiplinan, model pendidikan dengan memberi hukuman, model pendidikan kemandirian, dan model pendidikan keteladanan. (2) Nilai-nilai toleransi di Desa Bondo sangat baik. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi bahwa orang tua seagama maupun orang tua beda agama di Desa Bondo sudah menanamkan nilai-nilai toleransi kepada anaknya dengan menggunakan pendidikan inklusif. Untuk menanamkan nilai-nilai toleransi tidak hanya dari orang tua, namun tokoh agama di Desa Bondo baik itu agama Kristen maupun agama Islam mereka mengarahkan jama’ahnya untuk saling menjaga kerukunan umat beragama. (3) Pola asuh yang diterapkan orang tua di Desa Bondo antara keluarga seagama dan beda agama ada perbedaan dan persamaan. Keluarga seagama (Kristen dengan Kristen) menggunakan pola asuh permisif, demokratis, dan otoritatif. Sedangkan keluarga seagama (Islam dengan Islam) dan keluarga beda agama (Kristen dengan Islam) pola asuhnya sama yaitu: Pola asuh otoriter, demokratis, dan otoritatif. (4) Model pendidikan yang diterapkan orang tua keluarga seagama dan beda agama tidak jauh berbeda. Perbedaan itu datang dari cara penyampaian orang tua, namun tujuan dan maksudnya sama, yaitu menanamkan nilai kerukunan dan saling menghargai sesama.
Dalam penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya, karena pada penelitian ini membahas pola asuh keluarga seagama maupun beda agama agama dalam menumbuhkan nilai toleransi anak dilingkungan yang berbeda agama. Penelitian ini masih banyak kekurangan dan keterbatasan penelitian. Jadi, penulis memberikan saran untuk peneliti selanjudnya agar bisa mengembangakan judul lain supaya lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ahmad Saefudin, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Model Pendidikan Anak, Nilai-Nilai Toleransi, Pola Asuh Orang Tua.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 01 Mar 2022 02:51
Last Modified: 01 Mar 2022 02:51
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2498

Actions (login required)

View Item View Item