SRI SUGIYARTI, 151310003383 (2019) KONSEP WIRA’I DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Analisis Kitab Ta’lim Al- Muta’allim Karya Az-Zarnuji). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
151310003383_COVER.pdf - Published Version
Download (941kB) | Preview
151310003383_BAB I.pdf - Published Version
Download (10MB) | Preview
151310003383_BAB II.pdf - Published Version
Download (26MB) | Preview
151310003383_BAB III.pdf - Published Version
Download (17MB) | Preview
151310003383_BAB IV.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
151310003383_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003383_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1).Untuk mengetahui konsep wira’i perspektif Syekh Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim dalam pembentukan karakter peserta didik, (2).Untuk mengetahui analisis konsep wira’i dalam pembentukan karakter peserta didik perspektif Syekh Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber Data primernya diperoleh dari bahan utama yang menjadi referensi pokok yakni kitab Ta’lim al-Muta’allim karya Az-Zarnuji.Sumber data sekunder berasal dari bahan-bahan pustaka berupa buku-buku yang membahas konsep wira’i dan pendidikan karakter, transkip, karya ilmiah, jurnal, internet dan sebagainya. Dalam penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif, maka teknik pengumpulan data dilakukan peneliti antara lain adalah dengan mengumpulkan buku-buku, jurnal, artikel, dan lain sebagainya. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam pengolahan data dalam penelitian ini adalah: (1) Langkah Deskriptif, yakni langkah yang bersifat menggambarkan atau menguraikan suatu hal.(2) Langkah Interpretatif, yakni langkah yang bersifat memberikan penafsiran terhadap data yang diperoleh.(3). Langkah Komparatif, yakni langkah yang bersifat membandingkan data yang diperoleh.(4)Manganalisa Data, yakni dengan menganalisis isi, dengan mencermati literatur kemudian diklarifikasikan untuk mengetahui obyek permasalahan yang sesuai dengan tema pembahasan.(5) Langkah Pengambilan Kesimpulan, yakni langkah dari beberapa uraian yang telah dikemukakan kemudian penulis menyimpulkan inti dari ketiga langkah tersebut.
Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan menarik kesimpulan. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa:1.Wara’ yaitu menjauhi atau meninggalkan segala hal yang belum jelas haram dan halalnya serta orang yang menjaga marwah (harga diri). Hal ini berlaku dalam segala hal atau aktivitas kehidupan manusia seperti makanan, minuman, pakaian, pembicaraan, perjalanan, dan lain-lain’2. Pembentukan karakter mendasarkan nilai-nilai agama dengan menerapkan sifat wira’i yang seperti diajarkan oleh Syekh Az-Zarnuji antara lain yaitu: menghindari rasa kenyang, menghindari banyak tidur, menghindari banyak bicara, menghindari makan makanan pasar, menyingkir dari orang yang suka berbuat kerusakan dan maksiat, menghadap kiblat ketika belajar, memperbanyak sholat yang khusyu’, dan selalu membawa buku setiap waktu. Sikap tersebut harus diterapkan peserta didik guna memperoleh ilmu yang bermanfaat dan mendapat ridla Allah SWT dan sikap wira’i juga harus diterapkan oleh seorang guru agar peserta didik mencontoh apa yang telah dilakukan oleh seorang guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Hj. Ana Rahmawati, Lc., M.Hum. |
Uncontrolled Keywords: | Ta’lim Al-Muta’allim, Pembentukan Karakter, Peserta Didik |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 02:42 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 02:42 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2494 |