PENERAPAN ALGORITMA BACKPROPAGATION PADA GAME PENGENALAN NAHWU BERBASIS ANDROID DI MI DARUL FALAH

SELA NUR ISMIATI, 141240000348 (2018) PENERAPAN ALGORITMA BACKPROPAGATION PADA GAME PENGENALAN NAHWU BERBASIS ANDROID DI MI DARUL FALAH. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141240000348_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000348_BAB I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000348_BAB II.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000348_BAB III.pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000348_BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000348_BAB V.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000348_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nahwu adalah sebuah ilmu yang mempelajari tatanan Bahasa Arab yang baik dan benar. Namun minat siswa-siswi dalam belajar nahwu saat ini semakin berkurang. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin maju tetapi cara belajar nahwu yang masih konvensional dan cenderung membosankan. Berdasarkan data sekolah tahun ajaran 2017/2018 di MI Darul Falah Sirahan Cluwak Pati dari 60 siswa-siswi yang memulai belajar ilmu nahwu dikelas IV hanya 20 siswa-siswi saja yang dapat memahami nahwu dengan baik. Perkembangan teknologi telah membawa banyak perubahan pada hal-hal disekitar kita. Salah satu yang paling berkembang saat ini adalah game. Akhir-akhir ini game menjadi sesuatu yang sangat cepat berkembang. Memanfaatkan game untuk dijadikan sebagai media bantu pembelajaran siswa-siswi dalam belajar nahwu dinilai cukup efektif. Metode yang dipakai dalam merancang game ini adalah Backpropagation adalah sebuah algoritma yang berbasis jaringan saraf tiruan yang digunakan untuk menentukan dan mengambil sebuah keputusan yang digunakan untuk menentukan skor dan level pada Game Pengenalan Nahwu. Tools yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah Construct 2 sebuah game maker berbasis HTML5 dikhususkan untuk platform 2d. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Game Pengenalan Nahwu berbasis android.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ir. Adi Sucipto, M.Kom. Pembimbing II : R. Hadapiningradja Kusumodestoni, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Game, Backpropagation, Nahwu, Android, Construct 2
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:23
Last Modified: 21 Feb 2022 03:23
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2420

Actions (login required)

View Item View Item