PENGEMBANGAN APLIKASI QUIZ BELAJAR ALPHABET DAN ANGKA (BANANA) MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD BERBASIS ANDROID

MUHAMMAD RIZKI AMRULLAH, 141240000350 (2018) PENGEMBANGAN APLIKASI QUIZ BELAJAR ALPHABET DAN ANGKA (BANANA) MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141240000350_COVER.pdf - Published Version

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000350_BAB I.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000350_BAB II.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000350_BAB III.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000350_BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000350_BAB V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141240000350_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan untuk anak usia dini merupakan suatu pembinaan dan pembelajaran untuk anak-anak yang dilakukan dengan cara memberikan pendidikan formal maupun non formal untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak. Pembelajaran Calistung adalah suatu metode dasar untuk anak mengenal alphabet dan angka, pada lembaga PAUD (TK/KB/TPA/SPS) yang dikategorikan pendidikan anak usia 2-6 tahun tidak diperbolehkan adanya pembelajaran Calistung (membaca, menulis dan berhitung) sesuai pada peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (Permendikdub) Nomor 137 Tahun 2014 tentang standar PAUD. Dengan memanfaatkan aplikasi atau game maupun media pembelajaran lain sebagai alat bantu belajar yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif akan dapat meningkatkan minat anak untuk belajar lebih aktif lagi. Metode pengembangan sistem pada aplikasi menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) dan menggunakan algoritma LCM (Linear Congruent Method) yang digunakan sebagai pengacak quiz pada aplikasi. Aplikasi dibuat menggunakan tools Construct 2 yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis HTML5 dan dikhususkan pada platfrom 2D. Berdasarkan validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai 20 dengan hasil presentase 95%. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 27 dengan hasil presentase 100%. Hasil ujicoba dilakukan kepada 30 responden masyarakat umum dan mendapatkan total nilai 1007 dengan hasil presentase 84%, semua hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi ini masuk kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Buang Budi Wahono, S.Si., M.Kom. Pembimbing II : Teguh Tamrin, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Calistung, PAUD, RAD, LCM, Construct 2
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Feb 2022 03:49
Last Modified: 17 Feb 2022 03:49
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2395

Actions (login required)

View Item View Item