STUDI DESKRIPTIF PROGRAM TADARRUS AL-QUR’AN DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT GEMAR MEMBACA AL-QUR’AN SISWA-SISWI DI MTS MAFATIHUL AKHLAQ DEMANGAN JEPARA

AHMAD FATHUR ROZI, 141310003127 (2019) STUDI DESKRIPTIF PROGRAM TADARRUS AL-QUR’AN DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT GEMAR MEMBACA AL-QUR’AN SISWA-SISWI DI MTS MAFATIHUL AKHLAQ DEMANGAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003127_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003127_BAB I.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003127_BAB II.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003127_BAB III.pdf - Published Version

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003127_BAB IV.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003127_BAB V.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003127_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan tadarrus al-Qur’an dalam menumbuhkan semangat gemar membaca al-Qur’an siswa-siswi di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan tadarrus al-Qur’an dalam menumbuhkan semangat gemar membaca al-Qur’an siswa-siswi di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara. (3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan kegiatan tadarrus al-Qur’an dalam menumbuhkan semangat gemar membaca al-Qur’an siswa-siswi di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah MTs Mafatihul Akhlaq. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan dengan cara melihat dan mengamati fenomena di lembaga MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara yang dianggap penting, kemudian kejadian itu dicatat sebagaimana terjadi pada keadaan sebenarnya. Kemudian, interview mendalam dilakukan kepada kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendamping dan siswa. Sementara itu, dokumen dalam penelitian ini berupa informasi tertulis yang berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran program tadarrus al-Qur’an di MTs Mafatihul Akhlaq Demangan Jepara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program tadarrus al-Qur’an merupakan inisiasi dari Intruksi pengurus yayasan yang menginginkan lembaga harus punya program unggulan atau ciri khas dari lembaga tersebut dan juga Keprihatinan Bapak Ibu guru terhadap anak yang belum bisa membaca al-Qur’an. Implemantasinya ada 3 kegiatan, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. (2) Faktor pendukung dari program ini yaitu minat peserta didik yang tinggi, kemampuan guru yang memadahi, dan bahan ajar yang memadahi. Sedangkan faktor penghambat ialah guru terlambat, keterbatasan waktu, dan tingkat kemampuan anak yang berbeda-beda. (3) Hasil dari program ini, anak yang belum lancar membaca al-Qur’an pada jenjang sebelumnya, juga dulunya tidak tamat sekolah TPQ anak mulai bisa membaca al-Qur’an dengan lancar sesuai tajwid dan makharijul hurufnya. Anak yang dulunya kelas VII belum lancar, alhamdulillah kelas VIII sudah lancar dan lebih paham mengenai hukum tajwidnya. Alhasil dapat diketahui bahwa hasil belajar program tadarrus al-Qur’an ini dari kategori baik bisa meningkat menjadi sangat baik dengan capaian nilai yang meningkat. Awalnya Baik = 55% - 75% menuju Sangat Baik = 76% - 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Muafid,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Program, Tadarrus Al-Qur’an, Semangat Gemar Membaca.
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028.9 Minat Baca
200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:47
Last Modified: 17 Feb 2022 02:47
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item