KONSEP MENJAGA LISAN PERSPEKTIF AL-GHAZALI DALAM KITAB BIDAYAH AL-HIDAYAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MUSLIM

NASIHATUL KHOERIYAH, 151310003434 (2019) KONSEP MENJAGA LISAN PERSPEKTIF AL-GHAZALI DALAM KITAB BIDAYAH AL-HIDAYAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MUSLIM. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
151310003434_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003434_BAB I.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003434_BAB II.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003434_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003434_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003434_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003434_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tema penelitian ini diambil karena melihat fenomena yang terjadi pada kondisi sekarang, khususnya bagi bangsa Indonesia yang dewasa ini sedang berada di era reformasi dan kebebasan, termasuk di dalamnya bebas berbicara. Skripsi ini menjelaskan tentang bahaya-bahaya lisan yang bertujuan agar khalayak umum dapat mengetahui apa saja bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh lisan dan bagaimana implementasi dalam menjaga lisan agar terhindar dari bahaya-bahaya yang ditimbulkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana konsep menjaga lisan perspektif Imam al-Ghazali dalam kitab Bidayah al-Hidayah. (2) Bagaimana implementasi pemikiran al-Ghazali dalam kitab Bidayah al-Hidayah tentang konsep menjaga lisan dalam membentuk karakter muslim di lingkungan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Pengumpulkan data primer, berupa kitab karangan Imam al-Ghazali, yaitu kitab Bidayah al-Hidayah. Dan pengumpulan data-data sekunder, yaitu beberapa referensi berupa karya ilmiah, jurnal, buku yang membahas tentang lisan yang searah dengan pemikiran Imam al-Ghazali dan juga mengutip beberapa ayat al-Qur’an dan hadits.
Data yang terkumpul dianalisa menggunakan teknik analisis isi (content analysis) dan analisis tematik. Berdasarkan dari hasil analisi menunjukan bahwa: (1) Al-Ghazali memberikan solusi sebagai alternatif untuk menjaga lisan yaitu dengan cara menghindari dari berbohong, mengingkari janji, menggunjing, berdebat dan berbantah, memuji diri sendiri, melaknat, mendoakan jelek pada makhluk lain, bergurau dan melawak. Dan dari delapan perkara yang harus dicegah untuk menjaga lisan, intinya kita harus memperbanyak diam. Adupun diam yang dikonsepkan beliau adalah diam aktif bukan diam pasif. Diam pasif adalah diam tanpa kata supaya seseorang terhindar dari bahaya dari lisan, sedangkan diam aktif artinya berkata yang baik-baik dan yang bermanfaat saja, menjaga dari pembicaraan yang tak berguna. (2) Upaya-upaya untuk mengimplementasikan konsep menjaga lisan perspektif Imam al-Ghazali dalam kitab Bidayah al-Hidayah untuk membentuk karakter muslim di lingkungan masyarakat diantaranya: Pemberian teladan yang baik dari pendidik atau orang tua dan pembiasaan, Membiasakan mengucapkan salam, Pembiasaan program shalat berjamaah di lingkungan pendidikan, Membiasakan bersikap tawadhu’ yang mencerminkan sifat tidak sombong, Membiasakan memperbanyak dzikir dan program membaca al-Qur’an, Membiasakan untuk selalu bertutur kata yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Natsir, SS.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsep Menjaga Lisan, Bidayah Al-Hidayah, Karakter Muslim.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:36
Last Modified: 17 Feb 2022 02:36
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item