Search for collections on Publications

ANALISA KOMPARATIF HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK MI I’ANATUL KHOIR MANTINGAN TAHUNAN JEPARA (Studi Perbandingan Peserta Didik Madrasah Diniyah Dan Non Diniyah)

NUR AROFAH APRILIANI, 15131003460 (2019) ANALISA KOMPARATIF HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK MI I’ANATUL KHOIR MANTINGAN TAHUNAN JEPARA (Studi Perbandingan Peserta Didik Madrasah Diniyah Dan Non Diniyah). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 151310003460_COVER.pdf]
Preview
Text
151310003460_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 151310003460_BAB I.pdf]
Preview
Text
151310003460_BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 151310003460_BAB II.pdf]
Preview
Text
151310003460_BAB II.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[thumbnail of 151310003460_BAB III.pdf]
Preview
Text
151310003460_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 151310003460_BAB IV.pdf]
Preview
Text
151310003460_BAB IV.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of 151310003460_BAB V.pdf]
Preview
Text
151310003460_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 151310003460_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
151310003460_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : Untuk mendeskripsikan hasil belajar Al-Qur’an Hadist peserta didik yang mengikuti Madrasah diniyah dan Non Diniyah serta Perbandingan hasil belajar Al-Qur’an Hadist peserta didik kelas IV MI I’anatul Khoir Mantingan yang mengikuti Madrasah Diniyah maupun Non Diniyah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan teknik komparasi. Uji analisis penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample Test. Adapun untuk pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, metode interview (wawancara), dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata Hasil belajar peserta didik yang mengikuti Madrasah Diniyah yaitu 75,68. Sedangkan Rata-rata Hasil belajar peserta didik Non Diniyah yaitu 72,00. Adapun hasil perbandingan dengan analisis uji t menunjukkan hasil to (t observasi) 3,707 > tt (t tabel) 2,026, nilai tersebut menunjukkan Ho ditolak yakni terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist peserta didik kelas IV yang mengikuti Madrasah Diniyah dan Non Diniyah MI I’anatul Khoir Mantingan Tahunan Jepara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi pada peserta didik yang belum mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, agar lebih minat belajar atau ikut pembelajaran di Madrasah Diniyah. Bagi siswa yang sudah mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah juga diharapkan dapat mempertahankan bahkan meningkatan hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nusrotus Sa'idah,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadist, Madrasah Diniyah
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:21
Last Modified: 14 Feb 2022 04:21
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2275

Actions (login required)

View Item
View Item