NUR AROFAH APRILIANI, 15131003460 (2019) ANALISA KOMPARATIF HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK MI I’ANATUL KHOIR MANTINGAN TAHUNAN JEPARA (Studi Perbandingan Peserta Didik Madrasah Diniyah Dan Non Diniyah). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151310003460_COVER.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
151310003460_BAB I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
151310003460_BAB II.pdf - Published Version
Download (15MB) | Preview
151310003460_BAB III.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
151310003460_BAB IV.pdf - Published Version
Download (12MB) | Preview
151310003460_BAB V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
151310003460_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan : Untuk mendeskripsikan hasil belajar Al-Qur’an Hadist peserta didik yang mengikuti Madrasah diniyah dan Non Diniyah serta Perbandingan hasil belajar Al-Qur’an Hadist peserta didik kelas IV MI I’anatul Khoir Mantingan yang mengikuti Madrasah Diniyah maupun Non Diniyah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode survei dengan teknik komparasi. Uji analisis penelitian ini menggunakan Uji Independent Sample Test. Adapun untuk pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, metode interview (wawancara), dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata Hasil belajar peserta didik yang mengikuti Madrasah Diniyah yaitu 75,68. Sedangkan Rata-rata Hasil belajar peserta didik Non Diniyah yaitu 72,00. Adapun hasil perbandingan dengan analisis uji t menunjukkan hasil to (t observasi) 3,707 > tt (t tabel) 2,026, nilai tersebut menunjukkan Ho ditolak yakni terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadist peserta didik kelas IV yang mengikuti Madrasah Diniyah dan Non Diniyah MI I’anatul Khoir Mantingan Tahunan Jepara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi motivasi pada peserta didik yang belum mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, agar lebih minat belajar atau ikut pembelajaran di Madrasah Diniyah. Bagi siswa yang sudah mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah juga diharapkan dapat mempertahankan bahkan meningkatan hasil belajarnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa'idah,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadist, Madrasah Diniyah |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 14 Feb 2022 04:21 |
Last Modified: | 14 Feb 2022 04:21 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2275 |