EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TAJ-CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK di TPQ MASALIKIL HUDA 05 TAHUNAN BENDANSARI JEPARA

ASTRI NURUL HIDAYAH, 151310003360 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TAJ-CARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK di TPQ MASALIKIL HUDA 05 TAHUNAN BENDANSARI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
151310003360_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003360_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003360_BAB II.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003360_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003360_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003360_BAB V.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003360_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttset only control group desain yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Taj-Card dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di TPQ Masalikil Huda 05 Tahunan Bendansari Jepara. Sampel penelitian ini adalah kelas Al-Qur’an A1 (kelompok eksperimen) dan Al-Qur’an A2 (kelompok kontrol). Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol masing-masing dengan jumlah 28 peserta didik di TPQ Masalikil Huda Tahunan Bendansari Jepara.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran Taj-Card dengan yang pembelajarannya tanpa menggunakan media pembelajaran Taj-Card. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dari nilai rata-rata kemampuan membaca diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung 7,924 > t tabel 2,021, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, media pembelajaran Taj-Card efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan peserta didik di TPQ Masalikil Huda 05 Tahunan Bendansari Jepara. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, dapat meningkatkan efesiensi belajar mengajar serta pendidik dapat mengembangkan ide-ide kreatifnya dengan membuat media pembelajaran yang menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nusrotus Sa'idah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media Pembelajaran Taj-Card, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Feb 2022 04:09
Last Modified: 14 Feb 2022 04:09
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item