PELAKSANAAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII F DI MTs ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NAILI HIMATUL IZZA, 141310003264 (2018) PELAKSANAAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII F DI MTs ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003264_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003264_BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003264_BAB II.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003264_BAB III.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003264_BAB IV.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003264_BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003264_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan shalat dhuha berjamaah kelas VIII F di MTs Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara Tahun 2018/2019, (2) Nilai – nilai karakter dalam pelaksanaan shalat dhuha berjamaah terhadap pembentukan karakter siswa kelas VIII F di MTs Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara Tahun 2018/2019, (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan shalat dhuha berjamaah siswa kelas VIII F di MTs Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara Tahun 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan validas tringulasi yaitu teknik yang pengumpulan data yang bersifat menggabungkan berbagai teknik teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan shalat dhuha berjamaah siswa kelas VIII F di MTs Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara dibagi menjadi 3 kegiatan dimulai dari persiapan yang ditandai dengan bunyi bel pukul 06:30, selanjutnya pelaksanaan shalat dhuha dilaksanakan 2 rekaat dan di lanjut membeca do’a bersama, kemudian pasca pelaksanaan membaca Aqidatul awwam, Asmaul Husna dan do’a sebelum belajar kemudian bersalam salaman atau mushofahah. (2) Peran pelaksanaan shalat dhuha berjamaah dalam pembentukan karakter siswa kelas VIII F di MTs Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara diantaranya, (a) Religius, (b) kebersamaan, (c) Jujur, (d) Percaya Diri, (e) Disiplin, (f) Tanggung Jawab, (g)Berbakti kepada Orang Tua, (h) Toleransi. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan shalat dhuha berjamaah siswa kelas VIII F di MTs Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara diantaranya, Munculnya kesadaran diri siswa tentang pentingnya shalat dhuha berjamaah,adanya dukungan dari orang tua, fasilitas masjid yang memadai. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat pelaksanaan shalat dhuha berjamaah adalah Masih ada siswa yang belum bisa disiplin tepat waktu dalam melaksanaan shalat dhuha berjamaah, dan jadwal yang bersamaan dengan jadwal piket sehingga siswa yang mendapat jadwal piket kebersihan tidak bisa mengikuti shalat dhuha berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Amir Gufron,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha Berjamaah dan Pembentukan Karakter
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.1 Ibadah > 2X4.12 Shalat, Sholat
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:31
Last Modified: 14 Feb 2022 03:31
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2264

Actions (login required)

View Item View Item