PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM DOLANAN LIR-ILIR KARYA SUNAN KALIJAGA (Buku MB. Rahimsyah AR. Yang Berjudul Kisah Sunan Kalijaga Dan (SYEKH SITI JENAR) Dalam Prespektif Pendidikan Islam)

NAYYIROTUL AFIFAH, 131310000577 (2018) PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM DOLANAN LIR-ILIR KARYA SUNAN KALIJAGA (Buku MB. Rahimsyah AR. Yang Berjudul Kisah Sunan Kalijaga Dan (SYEKH SITI JENAR) Dalam Prespektif Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
131310000577_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000577_BAB I.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000577_BAB II.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000577_BAB III.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000577_BAB IV.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000577_BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
131310000577_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (Library Search), yaitu menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama yang dimaksudkan untuk menggali teori-teori dasar dan konsep-konsep yang telah ditemukan oleh para ahli terdahulu. Menggunakan metode kualitatif, serta pendekatan yang digunakan adalah pendekatan analisis, Yaitu pendekatan yang berusaha memahami gagasan, cara pandang, cara pengarang menampilkan gagasan atau mengimajinasikan ide-idenya, sikap pengarang dalam menampilkan gagasan-gagasannya, Untuk pengumpulan data, Metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Library research yaitu penelitian kepustakaan atau penelitian murni, yaitu mengumpulkan data-data kepustakaan yang representetif dan relevan dengan objek studi ini, baik dari buku, jurnal, majalah ataupun surat kabar, dan wawancara yaitu suatu teknik riset dalam bentuk pengamatan langsung melalui pertanyaan-pertanyaan kepada responden. Untuk menganalisis, penulis menggunakan metode Content Analysis, yaitu usaha untuk mengungkapkan isi sebuah buku yang menggambarkan sikap pribadi dan masyarakat pada waktu buku itu ditulis. Singkatnya content analysis adalah analisis ilmiah tentang isi pesan suatu karya sastra.
Dalam hasil penelitian ini, penulis menemukan banyak sekali amanat dan nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan ajara Islam. Jadi lagu dolanan lir-ilir karya Sunan Kalijaga ini salah satu lagu legendaris di tanah jawa yang dapat dijadikan sebagi bahan atau media pendidikan, yang dapat diambil nilai-nilai positifnya untuk pendidikan.
Dari hasil analisis penulis, terdapat beberapa pendidikan karakter yang terkandung dalam lagu dolanan lir-ilir karya Sunan Kalijaga, yaitu: 1) Religius, 2) Disiplin, 3) Kerja keras, 4) Mandiri, 5) Rasa ingin tahu, 6) Semangat kebangsaan, 7) Menghargai prestasi, 8) Cinta damai, 9) Peduli sosial, 10) Dan tanggung jawab. Sedangkan pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan islam yang terdapat dalam lagu dolanan lir-ilir karya Sunan Kalijaga, yaitu : 1) Nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. 2) Nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan diri sendiri dn sesama manusia. 3) Nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan. 4) Dan nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan kebangsaan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, para tenaga pengajar, para ahli, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. H. Mahalli,M.Pd
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:10
Last Modified: 14 Feb 2022 03:10
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2261

Actions (login required)

View Item View Item