KONSEP PENDIDIKAN TASAWUF MENURUT MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARIYAH DALAM KITAB WASHAYA AL-ABAA’ LI AL-ABNAA’

FATKHIYATUL AFIFAH, 141310003142 (2018) KONSEP PENDIDIKAN TASAWUF MENURUT MUHAMMAD SYAKIR AL-ISKANDARIYAH DALAM KITAB WASHAYA AL-ABAA’ LI AL-ABNAA’. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003142_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003142_BAB I.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003142_BAB II.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003142_BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003142_BAB IV.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003142_BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003142_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan metode pendidikan tasawuf yang digunakan dalam kitab Washaya al-Abaa’ Li al-Abnaa’ serta penerapan pendidikan tasawuf di sekolah. Penelitian ini memberikan manfaat yaitu memperkaya khazanah keilmuan pendidikan agama islam, khususnya bagi peneliti, praktisi pendidikan, dan menjadi sumber referensi bagi instansi pendidikan. Penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan atau disebut library research yaitu penelitian yang memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian. Tegasnya riset pustaka membatasi kegiatan hanya pada bahan-bahan koleksi perpustakaan saja tanpa memerlukan riset lapangan. Dalam hal ini penelitian difokuskan pada Konsep Pendidikan Tasawuf dalam Kitab Washaya al-Abaa’ Li al-Abnaa’ Karya Muhammad Syakir Al-Iskandariyah, sehingga dalam mencari data menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, penulis tidak cukup hanya mendeskripsikan data tetapi harus memberikan penafsiran atau interpretasi dan pengkajian secara mendalam setiap kasus dan mengikuti perkembangan kasus tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan content analysis, yaitu analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi yang ada, dan juga dengan analisis deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar bukan bentuk angka-angka.
Dari hasil analisa penulis, konsep pendidikan tasawuf dalam kitab Washaya al-Abaa’ Li al-Abnaa’ difokuskan pada tazkiyatun-nafs yang didalamnya meliputi bertaqwa, bertaubat, bersabar, bertawakal, bersyukur, dan Syahamah (mencegah hawa nafsu). Metode pendidikan tasawuf yang digunakan dalam kitab Washaya al-Abaa’ Li al-Abnaa’ yaitu metode nasihat dan metode pembiasaan. Penerapan pendidikan tasawuf dalam kitab Washaya al-Abaa’ Li al-Abnaa’ di sekolah meliputi Qiro’atul Qur’an, tolong menolong (Ta’awun), menghormati dan memuliakan guru, serta menghiasi ilmu dengan akhlak mulia.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan khususnya di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Amir Gufron,M.Ag.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq) > 2X5.2 Tasawuf
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 11 Feb 2022 04:11
Last Modified: 11 Feb 2022 04:11
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2259

Actions (login required)

View Item View Item