ANALISIS KESEIMBANGAN LINTASAN MENGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT DAN MOODIE YOUNG PADA DEPARTEMEN SEWING (Studi Kasus Di PT. Starcam Apparel Indonesia)

MUHAMMAD IDRIS, 151210000080 (2019) ANALISIS KESEIMBANGAN LINTASAN MENGUNAKAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT DAN MOODIE YOUNG PADA DEPARTEMEN SEWING (Studi Kasus Di PT. Starcam Apparel Indonesia). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151210000080_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151210000080_BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151210000080_BAB II.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151210000080_BAB III.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151210000080_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151210000080_BAB V.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151210000080_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT.Starcam Aparel Indonesia adalah salah satu perusahaan garmen yang berlokasi di Desa Mindahan Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Jawa Tengah. Perusahaan ini merupakan pabrik garmen yang memproduksi berbagai jenis pakaiaan. Jumlah pekerja yang dimiliki sebanyak 1700 orang. Salah satu permasalahan yang terjadi di perusahaan ini terletak pada lini produksi sewing line 16 yang tidak dapat memenuhi target produksi , hal ini dikarenakan efisiensi stasiun kerja yang kurang maksimal. Tingkat efisiensi stasiun saat ini menunjukkan line efficiency sebesar 48,8%, Smoothes index sebesar 264 dan balance delay sebesar 20,99%. Tujuan dari peneltian ini adalah mencari keseimbangan lintasan yang paling optimal menggunakan metode Ranked Positional Weight dan Moodie Young. Hasil maksimal yang diperoleh dengan metode Ranked Positional Weight adalah line efficiency sebesar 98,37%, Smoothes index sebesar 18 dan balance delay sebesar 1,627% sedangakan hasil maksimal metode Moodie Young adalah line efficiency sebesar 80%, Smoothes index sebesar 119 dan balance delay sebesar 20%. Dari perbandingan kedua metode tersebut, penggunaan metode Ranked Positional Weight memiliki nilai efisiensi yang paling tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Muhammad Choiru Zulfa, S.T., M.T. Pembimbing II : Budi Lofian S.E., M.M.
Uncontrolled Keywords: Keseimbangan Lintasan, Efisiensi, Stasiun Kerja, Ranked Positional Weight, Moodie Young
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik > 621.8 Teknik Mesin
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:20
Last Modified: 03 Feb 2022 04:20
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item