STRATEGI KOMUNIKASI FUNDRAISING ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT UNTUK PENINGKATAN PEROLEHAN ZAKAT (STUDI KOMPARATIF)

NISRINA CINDY NAULA, 171130000173 (2021) STRATEGI KOMUNIKASI FUNDRAISING ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT UNTUK PENINGKATAN PEROLEHAN ZAKAT (STUDI KOMPARATIF). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
171130000173_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171130000173_BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171130000173_BAB II.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171130000173_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171130000173_BAB IV.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171130000173_BAB V.pdf - Published Version

Download (909kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171130000173_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171130000173_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Zakat adalah sebuah kewajiban bagi setiap muslim yang menunaikannya. Indonesia adalah sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Potensi zakat di Indonesia pada tahun 2019 sebesar 233,84 triliun sedangkan realita perolehan zakat baru sebesar 3,7 triliun atau baru 1,3 persen dari potensi. Hal ini perlu digali permasalahan yang timbul atas kesenjangan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode strategi komunikasi fundraising atau penghimpunan zakat serta mengetahui strategi yang paling efektif digunakan dan hasil dari implementasi strategi fundraising atau penghimpunan zakat oleh organisasi pengelola zakat yang ada di Jepara. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam menggali data, teknik wawancara mendalam kepada Ketua dan/atau bagian fundraising, observasi terhadap penghimpunan dana zakat, dan dokumentasi melalui berbagai penelusuran berbagai kepustakaan dan dokumen instansi terkait. Sedangkan dalam teknik pengolahan data menggunakan teori miles dan huberman dengan melakukan aktivitas seperti reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi fundraising yang digunakan setiap OPZ ada dua yaitu, strategi offline dan online. Strategi secara online dirasa sangat efektif bagi NU-CARE LAZISNU Jepara dalam peningkatan perolehan zakat, sedangkan menurut BAZNAS Kabupaten Jepara dan LAZISMU Jepara, strategi secara offline dirasa sangat efektif dalam peningkatan perolehan zakat. Pengimplementasian dari beberapa strategi yang efektif digunakan oleh masing-masing OPZ ini melalui program-program yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Aan Zainul Anwar, S.H.I., M.E.Sy.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Fundraising, Zakat, BAZ/LAZ.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X6.1 Masyarakat Islam > 2X6.3 Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan UNISNU Jepara
Date Deposited: 27 Sep 2021 02:42
Last Modified: 27 Sep 2021 02:42
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item