STUDI DESKRIPTIF GAYA KEPEMIMPINAN GURU PAI DI MTS MATHOLI'UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022

TRI BOWO KRISMAWANTO, 161310003544 (2021) STUDI DESKRIPTIF GAYA KEPEMIMPINAN GURU PAI DI MTS MATHOLI'UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 161310003544_COVER.pdf - Published Version

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 161310003544_BAB I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 161310003544_BAB II.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 161310003544_BAB III.pdf - Published Version

Download (832kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 161310003544_BAB IV.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 161310003544_BAB V.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 161310003544_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 161310003544_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas Gaya Kepemimpinan Guru PAI di MTs Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajian di latarbelakangi oleh peneliti saat menemui suasana kelas yang tidak kondusif saat proses pembelajaran dan ada beberapa siswa tidak patuh terhadap gurunya pada saat pembelajaran salah satu mapel PAI. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui gaya kepemimpinan Guru PAI di MTs Matholiul Huda Troso Tahun Pelajaran 2021-2022 dalam mengajar di kelas. (2) Untuk mengetahui dampak gaya kepemimpinan Guru PAI terhahap siswa dalam pembelajaran di MTs Matholiul Huda Troso Tahun pelajaran 2021-2022. Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian lapangan dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dikelas, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan metode analisis deskriptif dengan model analisis data interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Gaya Kepemimpinan Guru PAI di MTs. Matholi’ul Huda Troso tergolong gaya kepemimpinan demokratis terdapat 3 guru, dimana guru bukan hanya menjadi diktator, melainkan menjadi pemimpin di tengah-tengah para peserta didik. Hal ini terbukti di lapangan saat pembelajaran Aqidah Akhlak, guru mengeksplorasi pengetahuan peserta didik melalui berbagai pertanyaan mengenai materi yang akan disampaikan seperti halnya yang dilakukan oleh Bapak MNS, di mana beliau selalu menempatkan posisi profesi guru sebagai pemimpin yang tidak kaku agar tercipta pembelajaran yang nyaman seperti halnya menegur siswa dengan candaan dan memberikan hukuman yang tidak memberatkan siswa. Sedangkan terdapat 1 guru dengan kepemimpinan yang otoriter / otokratis yaitu yang dilakukan oleh Ibu FR yang sering memarahi anak-anak yang gaduh ataupun tugas yang tidak dikerjakan oleh siswa. Ini selaras dengan teori Sondang dan Siagian bahwasanya sikap dan prinsip yang sangat konservatif, kuno, ketat dan kaku, pemimpin ini akan bersikap baik pada bawahan apabila mereka patuh, namun sebaliknya dia akan marah jika tidak patuh. (2) Dampak Gaya Kepemimpinan Guru PAI terhadap siswa dalam pembelajaran memberikan dampak yang besar bagi siswa. Seperti halnya dapat membangkitkan motivasi siswa untuk disiplin, antusias dalam mengikuti pembelajaran dan meningkatnya prestasi siswa. Terbukti dari hasil wawancara dan observasi kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak para siswa antusias dan semangat dalam menjawab bapak MNS, karena beliau mengajar tidak hanya sekedar memenuhi kehadiran di kelas semata-mata, namun benar-benar ingin mencapai tujuan pendidikan itu sendiri, terbukti dengan penguasaan materi dan metode yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Fathur Rohman, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Studi Deskriptif, Gaya Kepemimpinan, Guru PAI.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 24 Jan 2022 02:16
Last Modified: 24 Jan 2022 02:16
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item