PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA MATHOLI’UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA

MUHAMMAD MUHTAR SYA’RONI, 201310004588 (2021) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X DI MA MATHOLI’UL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 201310004588_COVER.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 201310004588_BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 201310004588_BAB II.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 201310004588_BAB III.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 201310004588_BAB IV.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 201310004588_BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 201310004588_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 201310004588_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Matholi’ul Huda Troso. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Matholi’ul Huda Troso. Dalam penelitian ini ada dua variable yang akan dibahas, yaitu Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation sebagai variable pengaruh (variable X) dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa sebagai variable terpengaruh (vaiabel Y). Dalam penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini adalah apabila hasil berlajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam mengalami peningkatan dari pra siklus sampai siklus yang terakhir. Dari hasil yang diperoleh, dalam penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Matholi’ul Huda Troso. Peningkatan hasil belajar ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase siswa yang mencapai nilai tuntas pada kategori tinggi dari pra siklus 52,7 %, siklus I 80,5 % dan siklus II menjadi 91,6 %. Sedangkan untuk kategori rendah mengalami penurunan dari pra siklus sebesar 47,2 %, siklus I 19,4 % dan siklus II menjadi 8,33 %. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X di MA Matholi’ul Huda Troso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sukarman, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Group, Investigation.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:22
Last Modified: 21 Jan 2022 02:22
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item