PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH AN NAHDLIYAH

SIROJUL FIKAR, 151310003444 (2021) PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH AN NAHDLIYAH. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
151310003444_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003444_BAB I.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003444_BAB II.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003444_BAB III.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003444_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003444_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003444_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003444_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menggambarkan peran guru PAI dalam menanamkan Nilai-Nilai pendidikan Ahlussunnah Waljamaah di SMP Islam Pecangaan 2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Ahlussunnah Waljamaah di SMP Islam Pecangaan.
Penelitian yang dilakukan peneliti adalah dengan menggunakan penelitian lapangan (field research), Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti melakukan penelitian pada siswa, guru PAI dan kepala sekolah SMP Islam Pecangaan tentang peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam modert. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada setiap informan yang menjadi subjek kajian.
Hasil penelitian menunjukkan peran guru PAI SMP Islam Pecangaan dalam menanamkan nilai ahlussunah wal jamaah An nahdliyah kepada siswa berdasarkan empat pilar tersebut yaitu Tawassuth, Tawazzun, Tasamuh dan I'tidal. Dengan adanya penanaman ahlussunah wal jamaah An nahdliyah 1) Guru PAI sebagai konservator memberikan arahan berupa materi terkait dengan moderasi Islam yang bisa dikalahkan dalam kehidupan sehari-hari seprti toleransi, berbuat baik kepada sesama dan menghormati pendapat orang lain. 2) Guru PAI sebagi inovator dimana peran guru PAI mempunyai ide-ide yang baru dalam menanamkan nilai ahlussunah wal jamaah An nahdliyah agar siswa bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari seperti aqidah, syariah dan akhlak yang baik. 3) Guru PAI sebagai Transmitor yang dimana guru PAI mempunyai peran seperti ceramah dan dakwah untuk meneruskan penanaman ahlussunah wal jamaah An nahdliyah dari guru yang sudah pensiun agar para siswa baru mendapatkan pemahaman tentang ahlussunah wal jamaah An nahdliyah. Faktor pendukung dan penghambat di SMP Islam Pecangaan dalam menanamkan nilai-nilai ahlussunah wal jamaah An nahdliyah dapat disimpulkan pada uraian berikut ini: 1) Guru, faktor ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu; kapasitas diri dan pengalaman. 2) Murid, dipandang dari sudut murid, faktor yang mempengaruhinya juga terbagi menjadi dua yaitu internal dan eksternal. 3) Sekolah, sekolah merupakan lembaga pendidikan yang mempengaruhi pembentukan nilai-nilai kepada murid. 4) Lingkungan Masyarakat, pengaruh masyarakat terhadap lapangan pendidikan, sangat mempengaruhi terhadap timbulnya jiwa beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Nilai-nilai Pendidikan Ahlussunnah Wal Jama’ah
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
200 Agama > ISLAM > 2X8 Aliran dan Sekte > 2X8.1 Sunni, Ahli Sunnah, Ahlussunnah wal Jamaah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:22
Last Modified: 21 Jan 2022 02:22
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1890

Actions (login required)

View Item View Item