PERSEPSI SISWA TENTANG SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MUTHMAINNAH, 141310003214 (2021) PERSEPSI SISWA TENTANG SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 1 DAMARWULAN KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003214_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003214_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003214_BAB II.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003214_BAB III.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003214_BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003214_BAB V.pdf - Published Version

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003214_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan: 1) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 Damarwulan Keling Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang kelebihan dan kelemahan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 Damarwulan Keling Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian bersifat deskriptif yaitu sebuah metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Dalam penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara dan tes.
Pelaksanaan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 Damarwulan Keling Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah dengan menggunakan aplikasi whatsapp. Penyampaian materi pelajaran diberikan oleh guru kepada siswa dalam pesan tertulis, foto, rekaman suara maupun video yang dikirim ke dalam grup-grup kelas demikian juga siswa memberikan umpan balik dan pengumpulan tugas kepada guru juga dalam bentuk foto dan video yang dikirim langsung kepada guru maupun di grup kelas.
Persepsi siswa tentang pelaksanaan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 Damarwulan Keling Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah bahwa cara belajar dengan cara tersebut menyulitkan, membingungkan, tidak menyenangkan dan justru dapat melalaikan pelajaran karena lebih memilih untuk bermain.
Kelebihan dan kelemahan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 Damarwulan Keling Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021 dari perspektif siswa, adalah : Kelebihan : Siswa dapat mengembangkan cara belajar mandiri, Siswa dapat melatih keterampilan belajar dan kreativitas dalam mengumpulan tugas, Sumber belajar lebih beragam, Siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara mandiri, Siswa dapat mengenal kegiatan belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kekurangan: Menurunnya aktivitas belajar siswa, Kedisiplinan belajar siswa menurun, Minat belajar siswa menurun dan lebih suka bermain, Siswa mengambil jalan pintas untuk menemukan jawaban dan ketergantungan pada android

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sukarman M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa, PJJ, PAI
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374 Pendidikan untuk Orang Dewasa > 374.4 Pendidikan Jarak Jauh
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Jan 2022 02:20
Last Modified: 21 Jan 2022 02:20
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item