MANAJEMEN KURIKULUM MUATAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL PADA MADRASAH TSANAWIYAH QUDSIYYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018 - 2019

NOOR SA’ID, 132610000477 (2019) MANAJEMEN KURIKULUM MUATAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL PADA MADRASAH TSANAWIYAH QUDSIYYAH KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018 - 2019. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
172610000477_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000477_BAB I.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000477_BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000477_BAB III.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000477_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000477_BAB V.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
172610000477_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu unsur yang harus dilestarikan dan dijaga melalui kegiatan pendidikan adalah nilai, tradisi, budaya, keterampilan dan konsep yang berlaku pada masyarakat. Dilatarbelakangi oleh sistem desentralisasi pendidikan yang memungkinkan daerah dan lembaga pendidikan untuk mengelola dan mengembangkan kurikulum yang digunakan sesuai dengan kondisi dan keadaan daerahnya agar dapat menghasilkan lulusan yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan daerah tersebut serta mempunyai kepedulian terhadap nilai-nilai sosio-kultural yang melingkupi peserta didik, dan salah satu wujud nyata dari sistem desentralisasi pendidikan ini adalah dikembangkannya kurikulum muatan lokal.
Demi mencapai tujuan kurikulum muatan lokal yang efektif dan efisien maka diperlukan adanya manajemen yang baik.Manajemen kurikulum muatan lokal tidak akan terlepas dari komponen-komponen kurikulum yaitu tujuan, isi, metode dan evaluasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tempat penelitian di MTs Qudsiyyah di Kudus, yang dilakukan antara bulan Pebruari–Agustus 2019. Informan guide adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan: trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri atas: reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi
Madrasah Qudsiyyah merupakan salah satu madrasah di kabupaten Kudus yang memiliki sebuah kekhasan dalam pendidikan agama. Sebagai madrasah swasta yang terus concern dalam pengembangan keagamaan madrasah Qudsiyyah terus berusaha untuk mempertahankan kurikulum lokal terutama kurikulum salafiyyah yang meliputi mata pelajaran Nahwu, Shorof, Tafsir, Hadits, Fiqh Salaf, Fikih Praktik, Faroid, Mustholah Hadis, Falak, Ma’ani, Badi’, Bayan, Zej, ‘Arudl dan Administrasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum yang diterapkan di MTs Qudsiyyah sebagai bahan acuan dan gambaran kurikulum sebuah Madrasah Tsanawiyah yang menggabungkan antara dua model kurikulum yaitu: kurikulum Pemerintah (K 13) dan kurikulum muatan lokal (salaf) yang sarat dengan nilai-nilai agama, meliputi: 1) perencanaan kurikulum muatan lokal, 2) pengorganisasian kurikulum muatan lokal, 3) implementasi kurikulum muatan lokal, dan 4) evaluasi kurikulum muatan lokal di MTs Qudsiyyah di Kudus
Hasil penulisan menunjukan bahwa pertama perencanaan kurikulum muatan lokal dalam rangka membentuk kompetensi religiusitas dan tafaqquh fiddin siswa dimulai dengan merumuskan tujuan, menentukan bahan pengajaran, merumuskan bentuk / strategi belajar mengajar, dan penilaian, kedua pengorganisasian kurikulum muatan lokal merupakan struktur program kurikulum yang berupa kerangka umum program-program pembelajaran yang meliputi disampaikan kepada peserta didik guna tercapainya tujuan pendidikan atau pembelajaran yang ditetapkan telah berjalan dengan baik, ketiga pelaksanaan kurikulum muatan lokal di MTs Qudsiyyah berjalan dengan baik karena didukung kegiatan kokurikuler untuk lebih memperdalam dan menghayati materi pelajaran yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler didalam kelas dengan menyajikan proses pembelajaran mulai dari materi, media, dan evaluasi pembelajaran, keempat evaluasi kurikulum muatan lokal yang merupakan proses menilai keberhasilan dari suatu program yang dilaksanakan, Evaluasi kurikulum muatan lokal dilakukan berdasarkan Peraturan Departemen Agama dan Kesepakatan Komite Sekolah, dengan tujuan mewujudkan peserta didik yang cerdas, Tafaqquh Fiddin dan berjiwa nasionalis yang tinggi.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H.Sa'adullah Assa'idi,M.Ag. Pembimbing II : Dr.H.Barowi,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kurikulum, Muatan Lokal
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 21 Jan 2022 01:32
Last Modified: 21 Jan 2022 01:32
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item View Item