PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL DI PONDOK PESANTREN AL FALAH BAKALAN KALINYAMATAN JEPARA

M. KHOLILUR ROHMAN, 171310003783 (2021) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL DI PONDOK PESANTREN AL FALAH BAKALAN KALINYAMATAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
171310003783_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003783_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003783_BAB II.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003783_BAB III.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003783_BAB IV.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003783_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003783_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003783_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan:1.Untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Diniyah Formal di Pondok Pesantren Al Falah Bakalan Kalinyamatan Jepara.2.Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Diniyah Formal di Pondok Pesantren Al Falah Bakalan Kalinyamatan Jepara.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui pembelajaran Pendidikan Diniyah Formal dengan menggunakan teknis obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajannya yaitu dengan cara teknik wawancara.
Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta menarik kesimpulan. Berdasarkan dari hasil analisis menunjukkan bahwa: 1.) pembelajaran Pendidikan Diniyah Formal di Pondok Pesantren Al Falah Bakalan Kalinyamatan Jepara merupakan kegiatan wajib santri dengan tujuan agar para santri Pondok Pesantren Al Falah Bakalan Kalinyamatan Jepara dapat memadukan antara ilmu agama dan umum, akan tetapi lebih ditekankan dalam ilmu agama, karena pembelajaran Pendidikan Diniyah Formal muatan agama melalui mempelajari kitab kuning 75% sedangkan untuk muatan pembelajaran yang umum 25% dan setelah lulus dari pondok pesantren, para santri lulusan Pendidikan Dinyah Formal bisa melanjutkan kejenjang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi. Manfaat yang diperoleh dari program pembelajaran Pendidikan Diniyah Formal adalah santri tetap bisa memperdalam ilmu agama melalui kitab kuning dan tidak ada kekhawatiran ketika santri ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, karena ijazah yang dikeluarkan oleh program Pendidikan Diniyah Formal setara dengan formal seperti halnya setingkat dengan SMA ataupun MA. 2.) Faktor pendukung dan penghambatnya ada dua faktor yaitu: faktor pendukung dari pengasuh yang visioner, dukungan wali santri, motivasi yang tinggi dari santri dan support dari Kemenag Kabupaten Jepara dan Jawa Tengah. Sedangkan faktor penghambat disebabkan karena kurikulum yang terlalu tinggi dan sarana prasarana kurang memadai. Solusinya yaitu dengan memberikan tambahan materi untuk memenuhi standar kurikulum dan mengusahakan pengadaan ruang kelas dan saat ini masih dalam proses pembangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khalimatus Sa’diyah, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Diniyah Formal, Pondok Pesantren
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:40
Last Modified: 20 Jan 2022 07:40
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1856

Actions (login required)

View Item View Item