KONSEP MERDEKA BELAJAR PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

SEPTIANIKA PUTRI PRAMESTI, 171310003790 (2021) KONSEP MERDEKA BELAJAR PERSPEKTIF KI HAJAR DEWANTARA DAN RELEVANSINYA DENGAN KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
171310003790_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003790_BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003790_BAB II.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003790_BAB III.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003790_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003790_BAB V.pdf - Published Version

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
171310003790_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis konsep merdeka belajar perspektif Ki Hajar Dewantara. (2) Untuk menganalisis relevansi konsep merdeka belajar Ki Hajar Dewantara dengan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menekankan pada penelitian perpustakaan (library reseach). Dalam proses penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model content analysis atau kajian isi dengan cara deskripsi atau orientasi, reduksi data, seleksi serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ki Hajar Dewantara memiliki konsep tentang pendidikan yang didasarkan pada asas kemerdekaan yang memiliki arti bahwa manusia diberi kebebasan dari Tuhan yang Maha Esa untuk mengatur kehidupannya dengan tetap sejalan dengan aturan yang ada di masyarakat. Merdeka dalam gagasan Ki Hajar Dewantara diartikan sebagai tidak hidup terperintah, berdiri tegak karena kekuatan sendiri dan cakap mengatur hidupnya dengan tertib. Adapun relevansi mengenai pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka, terdapat beberapa poin yang saling sejajar secara esensi maupun muatannya. Dalam perspektif Ki Hajar Dewantara pendidikan merupakan suatu upaya dalam rangka pendewasaan seseorang, hal tersebut sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar. Dimana pendidikan harus bersifat terbuka dan tidak memaksa, terbuka dan tidak memaksa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khalimatus Sa’diyah, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Merdeka Belajar, Ki Hajar Dewantara, Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:21
Last Modified: 20 Jan 2022 07:21
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item