STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD SEMAI JEPARA

SIHABBUDIN, 141310003128 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD SEMAI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 141310003128_COVER.pdf - Published Version

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 141310003128_BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 141310003128_BAB II.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 141310003128_BAB III.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 141310003128_BAB IV.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 141310003128_BAB V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 141310003128_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 141310003128_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (850kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak berkebutuhan khusus di SD Semai Jepara, (2) Untuk mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak berkebutuhan khusus di SD Semai Jepara, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada anak berkebutuhan khusus di SD Semai Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Adapun analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Semai Jepara yaitu dalam 1 kelas terdiri dari 2 orang guru, yaitu guru kelas dan guru pendamping. (2) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di SD Semai Jepara yaitu menggunakan berbagai media dan metode pembelajaran yang telah di persiapkan oleh seorang guru demi terciptanya suasana pembelajan yang aktif dan menyenangkan. Tentunya semua itu disesuaikan dengan materi pembelajaran yang sudah direncanakan oleh guru dalam RPI (Rancangan Pembelajaran Individu). (3) Faktor pendudukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Semai Jepara adalah Perasaan atau mood anak yang semangat dan gembira sebelum proses pembelajaran dimulai. Dalam proses pembelajaran guru banyak menggunakan bahan-bahan bekas seperti kardus dan barang bekas lainnya sebagai media yang digunakan dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran terdapat guru pendamping untuk mendampingi siswa ABK sehingga memudahkan penyampaian materi yang disampaikan guru kelas. (4) Faktor penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Semai Jepara adalah Mood anak yang sering berubah-ubah sehingga guru lebih extra dalam membuat suasana yang baik dan menyenangkan. Dalam 1 kelas terdapat 2 guru yaitu guru kelas dan guru pendamping. Ketika pembelajaran guru pendamping akan mengulang kepada setiap siswa sehingga kurangnya penanganan di setiap siswa ABK membuat pembelajaran kurang efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:06
Last Modified: 20 Jan 2022 07:06
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item