PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK KELUARGA PERANTAU (Studi Kasus di Desa Dongos Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara)

I’IN NI’MATUN HADLIROH, 141310003053 (2021) PROBLEMATIKA PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK KELUARGA PERANTAU (Studi Kasus di Desa Dongos Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003053_ COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003053_ BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003053_ BAB II.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003053_ BAB III.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003053_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003053_ BAB V.pdf - Published Version

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003053_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003053_ LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja metode pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak keluarga perantau, problematika metode pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak keluarga perantau, dan solusi pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak keluarga perantau di desa Dingos Kedung Jepara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Yaitu penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Adapun analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Peran orang tua dalam keluarga sangat penting, selain sebagai pencari nafkah untuk anak-anaknya, keluarga merupakan lembaga pendidikan yang utama dan pertama. Untuk memenuhi kebutuhan dalam keluarga, tidak sedikit orang tua yang rela meninggalkan anaknya untuk merantau ke luar kota hingga ke luar provinsi. Sehingga fungsi keluarga sebagai lingkungan pendidikan, khususnya agama Islam tidak dapat terlaksana secara maksimal di rumah. Karena pendidikan agama Islam merupakan unsur yang sangat penting dalam membangun moral pada anak. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa:
(1) Metode pelaksanaan PAI pada anak keluarga perantau di desa Dongos Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara adalah dengan mengajarkan PAI sejak dini, memberikan teladan yang baik, memasukkan anak ke lembaga pendidikan formal.
(2) Problematika dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak keluarga perantau di desa Dongos Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara adalah: waktu bermain anak yang terlalu banyak, timbulnya rasa malas pada diri anak, keterbatasan pengetahuan keagamaan yang dimiliki oleh orang tua anak..
Solusi yang dilakukan oleh orang tua dalam pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak keluarga perantau di desa Dongos Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara adalah: memasukkan anak dalam lembaga pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khalimatus Sa’diyah, M.Pd.I.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 640 Kesejahteraan Rumah Tangga > 649.1 Mengasuh Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Jan 2022 07:05
Last Modified: 20 Jan 2022 07:05
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item