MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL PADA MADRASAH ALIYAH NU AL HIDAYAH KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS

ACHMAD ULINNUHA, 162610000315 (2019) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM MUATAN LOKAL PADA MADRASAH ALIYAH NU AL HIDAYAH KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
16610000315_COVER DAN HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (798kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16610000315_BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16610000315_BAB II.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16610000315_BAB III.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16610000315_BAB IV.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16610000315_BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16610000315_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru merupakan bagian utama dari pendidikan formal yang syarat mutlaknya adalah adanya kurikulum sebagai pedoman. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan perencanaan pengembangan kurikulum muatan lokal, pengorganisasian pengembangan kurikulum muatan lokal, pelaksanaan pengembangan kurikulum muatan lokal, dan evaluasi pengembangan kurikulum muatan lokal pada Madrasah Aliyah NU Al-Hidayah Gebog Kudus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru. Sedangkan subyek penelitiannya antara lain Kepala Sekolah dan siswa. Data sekunder penelitian berupadokumen-dokumen, catatan, arsip-arsip dan profil madrasah, laporan hasil belajar siswa, dan dokumen-dokumen lain yang terkait. Metode pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi serta pengumpulan dokumen-dokumen dan data yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interactive model dari Miles dan Huberman. Miles dan Huberman dengan langkah Data Collection (Pengumpulan Data), Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Conclusion Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan). Hasil penelitian ini antara lain, 1) pengembangan manajemen kurikulum muatan lokal di MA NU Al Hidayah meliputi perencanaan yang disusun dan diproses sesuai dengan standar kurikulum muatan lokal; pengorganisasian yang melibatkan partisipasi segenap dewan guru serta dibentuk tim MGMP lokal di sekolah MA NU Al Hidayah; pelaksanaan pembelajaran muatan lokal dengan menggunakan sistem bandongan dan sorogan dalam tahfidz serta pembelajaran penguasaan pada kitab kuning; serta evaluasi pengembangan kurikulum muatan lokal dengan melakukan ulangan harian, UTS, UAS dan menggunakan dua metode yaitu metode tulis dan lisan. 2) sarana yang mendukung pengembangan kurikulum di MA NU Al Hidayah adalah adanya perpustakaan yang menyediakan kitab – kitab serta fasilitas – fasilitas penunjang pembelajaran kurikulum muatan lokal yang dapat membantu siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H.Sa'adullah Assa'idi,M.Ag Pembimbing II : Dr.Nur Khoiri,M.Ag
Uncontrolled Keywords: manajemen, pengembangan, kurikulum, MA
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:58
Last Modified: 19 Jan 2022 02:58
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item View Item