STUDI TENTANG EVALUASI PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN TAHFIDHUL QUR’AN DI PONDOK TAHFIDH YANBU’UL QUR’AN REMAJA BEJEN KAJEKSAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 M

AHMADI, 162610000316 (2019) STUDI TENTANG EVALUASI PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN TAHFIDHUL QUR’AN DI PONDOK TAHFIDH YANBU’UL QUR’AN REMAJA BEJEN KAJEKSAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 M. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
162610000316_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
162610000316_BAB I.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
162610000316_BAB II.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img]
Preview
Text
162610000316_BAB III.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
162610000316_BAB IV.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img]
Preview
Text
162610000316_BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
162610000316_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk memberikan gambaran tentang Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Tahfidhul Al-Qur’an Pada Usia Remaja Di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Bejen Kajeksan Kudus. usaha untuk mempelajari, memahami dan mengamalkan Al-qur’an merupakan kewajiban yang harus dilakukan setiap orang Islam.Demikian pula mengajarkannya, mengajarkan membaca Al-Qur’an adalah fardhu kifayah dan merupakan ibadah yang utama.
Salah satu kewajiban umat Islam diantaranya menjaga keutuhan dan keaslian serta menaruh perhatian khusus terhadap Al-Qur’an. Salah satu upaya untuk menjaga keaslian dan kemurniannya ialah: dengan menghafalkannya yang biasa dikenal dengan istilah Tahfidh Al-Qur’an.
Faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an adalah proses pengajaran yang di evaluasi secara berkala, maka dari itu yayasan arwaniyah merintis pondok yang dibawah naungannya disesuaikan dengan kondisi dan situasi santrinya yaitu PTYQ R Kudus.
Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) apa saja strategi menghafal al-qur’an bagi santridi Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Bejen Kajeksan Kudus?, dan (2) bagaimana proses dan evaluasinya para santri pada usia remaja dapat merespon dan mengimplementasikan tentang cara yang lebih evektif dalam menghafal al-qur’an di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Bejen Kajeksan Kudus?.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi tentang evaluasi proses dan hasil dalam menghafal Al-qur’an di PTYQ R sangat berpengaruh terhadap kinerja menghafal Al-qur’an pada usia remaja. Walaupun, pondok tersebut tergolong baru dirintis, tetapi animo masyarakat sangat antusias mendaftarkan putra-putranya di Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Bejen Kajeksan Kudus. Semua itu dikarenakan Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Remaja Bejen Kajeksan Kudus begitu memperhatiakan dan serius dalam menerapkan metode menghafal Al-qur’an pada usia remaja. Metode proses dan hasil yang diterapkan diPTYQR yaitu: selalu membuat pondok terpacu untuk lebih baik, sehingga banyak santri yang sudah bisa dikatakan berhasil yaitu sudah khatam 30 juz dan diwisuda.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H.Barowi,M.Ag. Pembimbing II : Dr.H.Subaidi,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Studi Tentang Evaluasi, Proses, Dan Hasil Pembelajaran, Tahfidhul Qur’an
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.102 Evaluasi Pendidikan dan Pengajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:48
Last Modified: 19 Jan 2022 02:48
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item View Item