PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIISMP UT BUMI KARTINI JEPARA TAHUN AJARAN 2020/2021

IHDA ROSYIDATUL ULUM, 141310003094 (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIISMP UT BUMI KARTINI JEPARA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
141310003094_ COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003094_ BAB I.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003094_ BAB II.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003094_ BAB III.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003094_ BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003094_ BAB V.pdf - Published Version

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003094_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003094_ LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) penerapan strategi pembelajaran mandiri dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII di SMP UT Bumi Kartini Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi pembelajaran mandiri dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII SMP UT Bumi Kartini Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian “field reseach” yaitu studi lapangan yang berbentuk kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam di SMP UT Bumi Kartini Jepara dan peserta didik kelas VII SMP UT Bumi Kartini Jepara.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: penerapan strategi pembelajaran mandiri yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di SMP UT Bumi Kartini Jepara dilaksanakan melalui 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pelaksanaan strategi pembelajaran mandiri di SMP UT Bumi Kartini Jepara dilaksanakan dengan cara sebagai berikut: a) guru harus mampu membangun inisiatif individu, b) membangun kemandirian, c) pingkatkan diri peserta didik, d) membangun kepuasan dengan hasil usaha sendiri.
Strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam penerapan strategi pembelajaran mandiri dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VII SMP UT Bumi Kartini Jepara adalah: CBI (Computer Based Intruction) yaitu pembelajaran bebasis komputer dan SCL (Student Centered Learning) pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dalam upaya membentuk kemandirian peserta didik dilakukan dengan cara: 1) membangkitkan motivasi belajar peserta didik, 2) memberikan reward, 3) menciptakan kondisi belajar yang kondusif. Faktor pendukung strategi pembelajaran mandiri yaitu 1) Motivasi peserta didik, 2) Adanya jadwal belajar mandiri, 3) Adanya info penghubung antara guru dengan peserta didik, 4) Metode pembelajaran yang mendukung, 5) Media pembelajaran, 6) Kebebasan menentukan pilihan. Faktor penghambat strategi pembelajaran mandiri yaitu 1) Kurangnya minat belajar peserta didik, 2) Tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda-beda, 3) Peserta didik yang bergantung kepada guru, 4) Terbatasnya waktu pembelajaran disekolah, 5) Tidak bisa membagi waktu belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Strategi Pembelajaran Mandiri, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:20
Last Modified: 18 Jan 2022 08:20
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item