PENGARUH PENGUASAAN MATERI TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS AL ISLAM SARIPAN JEPARA

EMA ALI AL HUSAINIYAH, 161310003682 (2021) PENGARUH PENGUASAAN MATERI TAJWID TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS AL ISLAM SARIPAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 161310003682 - HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 161310003682 - BAB I.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 161310003682 - BAB II.pdf - Published Version

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 161310003682 - BAB III.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 161310003682 - BAB IV.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 161310003682 - BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 161310003682 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 161310003682 - LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan atau menjawab permasalahan 1) Bagaimana penguasaan materi tajwid peserta didik kelas VIII di Mts Al Islam Saripan Jepara, 2)Bagaimana kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik kelas VIII di MTs Al Islam Saripan Jepara, 3) Adakah pengaruh penguasaan materi tajwid terhadap kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik kelas VIII di MTs Al Islam Saripan Jepara.
Dalam penelitian ini ada dua Variabel yang dibahas, yaitu Penguasaan Materi Tajwid sebagai variabel pengaruh atau (Variabel X), dan Kemampuan membaca Al Qur’an sebagai variabel yang terpengaruh atau (Variabel Y).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan Sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh, dan untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, baik tes lisan maupun menggunakan tes tertulis, dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data mengenai penguasaan materi tajwid menggunakan tes tertulis, dan kemampuan membaca Al Qur’an menggunakan tes lisan, dan untuk mengumpulkan data tentang keadaan proses belajar mengajar dikelas menggunakan observasi dan dokumentasi.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) Penguasaan materi tajwid kelas VIII di MTs Al Islam Saripan Jepara dalam Kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata 64. 2) Kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik kelas VIII di MTs Al Islam Saripan Jepara dalam Kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata 73. 3) Penguasaan materi tajwid mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik kelas VIII MTs Al Islam ditunjukkan dengan perolehan nilai t hitung sebesar 12.274 dengan nilai Sig sebesar 000 adapun nilai t tabel sebesar 2.756. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai Sig lebih kecil daripada 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun sumbangsih pengaruh penguasaan materi tajwid terhadap kemampuan membaca al-Qur’an diperoleh dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 83% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Materi Tajwid, Kemampuan Membaca Al Qur’an
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jan 2022 08:18
Last Modified: 18 Jan 2022 08:18
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1780

Actions (login required)

View Item View Item