MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NO AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NU DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MAKIN, 182610000578 (2020) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NO AKADEMIK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NU DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
182610000578_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000578_BAB I.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000578_BAB II.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000578_BAB III.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000578_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000578_BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000578_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
182610000578_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah strategi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MTs NU Demak tahun pelajaran 2019/2020, 2) Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MTs NU Demak tahun pelajaran 2019/2020, 3) Sejauhmana hasil peningkatan prestasi non akademik peserta didik melalui manajemen kesiswaan di MTs NU Demak tahun pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Manajemen kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik peserta didik di MTs NU Demak tahun pelajaran 2019/2020 terdiri dari a) penerimaan siswa baru dengan jalur tes dan danem prestasi b) pengelompokan rombel belajar dan bakat minat siswa. Rombel belajar dikelompok menjadi dua yaitu kelas unggulan dan kelas reguler. Sedangkan bakat minat siswa dikelompokan berdasarkan ekstrakurikuler yang tersedia. c) Pembinaan kesiswaan yang terdiri dari pembinaan (1) Pembinaan Kedisiplinan, (2) Pembinaan Akademik dan (3)Pembinaan non Akademik. 2) Faktor pendukung dan penghambat peningkatan prestasi non akademik peserta didik di MTs NU Demak tahun pelajaran 2019/2020 diantaranya adalah a) faktor pendukung meliputi (1) pola kepemimpinan kepala madrasah, (2) tenaga ahli/pembina yang kompeten dibidangnya, (3) sarana dan prasarana yang cukup, (4) partisipasi orang tua. b) faktor penghambat adalah (1) keterbatasan anggaran finansial, (2) pengaruh lingkungan, (3) keterbatasan waktu. 3) Peningkatan prestasi non akademik peserta didik melalui manajemen kesiswaan di MTs NU Demak tahun pelajaran 2019/2020 berjalan dengan baik, hal ini diketahui dari berbagai kejuaraan dan kompetisi yang diraih secara non akademik diantaranya adalah a) juara I lomba marching band antara Kodim Se-Korem Semarang di KODIM IV Diponegoro pada tingkat provinsi. b) Juara 1 Kejurcab (Pencak Silat) Pagar Nusa Cabang Demak. c) juara 1musyabaqoh tilawatil Qur’an di KUA Demak. d) juara II Lomba LCT Aswaja Dalam Kegiatan OSKANU X LP Ma’arif Cab.Demak dan masih banyak lagi prestasi non akademik yang diraih.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr.H.Barowi,M.Ag. Pembimbing II : Dr.H.Moh.Nasuka,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaaan, Prestasi Non Akademik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:09
Last Modified: 18 Jan 2022 02:09
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item