AMIN CHUSNAN, 172610000515 (2020) SUPERVISI KEPALA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MATHOLI’UL HUDA DI BUGEL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
1. 182610000583_COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. 182610000583_BAB I.pdf - Published Version Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
3. 182610000583_BAB II.pdf - Published Version Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
4. 182610000583_BAB III.pdf - Published Version Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
5. 182610000583_BAB IV.pdf - Published Version Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
6. 182610000583_BAB V.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
7. 182610000583_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
8. 182610000583_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (857kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah 1) Mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan supervisi kepala dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda di Bugel Tahun Pelajaran 2019/ 2020, 2) Mendeskripsikan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda Bugel Tahun Pelajaran 2019/ 2020, 3) Mendeskripsikan signifikansi supervisi kepala dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda di Bugel dalam meningkatkan kinerja guru Tahun Pelajaran 2019/ 2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang diadakan secara langsung dengan objek penelitian dan dilakukan suatu pengumpulan data yang berada di lapangan. Dengan penelitian kualitatif deskriptif ini, peneliti berusaha mengungkap perencanaan dan pelaksanaan supervisi kepala dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda di Bugel dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda Bugel tahun pelajaran 2019/2020.
Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Supervisi yang dilakukan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda Bugel Tahun Pelajaran 2019/2020meliputi : (a) Perencanaan. (b) Pelaksanaan (c) Tindak lanjut. 2) Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda Bugel Tahun Pelajaran 2019/2020, kinerja Guru dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda Bugel setelah adanya supervisi, guru-guru di MI Matholi’ul Huda Bugel dalam proses belajar mengajar telah sesuai dengan silabus dan RPP yang sudah dibuat dan digunakan sebagai panduan dalam pembelajaran. 3) Signifikansi Supervisi kepala dalam meningkatkan kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda di Bugel dalam Meningkatkan Kinerja Guru Tahun Pelajaran 2019/2020, bahwa keberhasilan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dapat dilihat melalui hasil ketercapaian kinerja guru Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Huda Bugel meliputi; a) Guru telah menguasai bahan, b) Guru telah mengelola bahan belajar mengajar, c) Guru telah mengelola bahan belajar mengajar, d) Guru telah menggunakan media/sumber, e) Guru telah menguasai landasan-landasan pendidikan, f) Guru telah mengelola interaksi belajar mengajar, g) Guru telah menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran, h) Guru telah mengenal fungsi dan program bimbingan dan penyuluhan di sekolah, i) Guru telah mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah, j) Guru telah memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian guna keperluan pengajaran.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Shodiq Abdullah, M. Ag Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin, M. Pd. I |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, Kepala Madrasah, Kinerja Guru |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:04 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:04 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1768 |
Actions (login required)
View Item |