KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM PADA MI AL-IKHLAS TUBANAN KEMBANG JEPARA

SUSAMI, 172610000396 (2020) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM PADA MI AL-IKHLAS TUBANAN KEMBANG JEPARA. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 172610000396_HALAMAN COVER..pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 172610000396_BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 172610000396_BAB II.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 172610000396_BAB III.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 172610000396_BAB IV.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 172610000396_BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 172610000396_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 172610000396_LAMPIRAN-LAMPIARAN.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam dan strategi kepala madrasah pada MI Al-Ikhlas Tubanan Kembang Jepara dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, dan kendala kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta pengumpulan dokumen-dokumen dan data yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data interactive model dari Miles dan Huberman. Miles dan Huberman dengan langkah data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al-Ikhlas Tubanan Kembang dilaksanakan dengan gaya kepemimpinan demokratis, terbuka, memperhatikan bawahannya, menerima masukan saran dan kritikan (tidak otoriter), secara sosial baik, mendukung setiap kegiatan madrasah. Pendekatan dilakukan dengan pendekatan social. Setiap kebijakan dirapatkan sebelum diflourkan rapat guru dan wali murid dan berdampak pada prestasi akademik siswa; (2) Strategi peningkatan mutu pendidikan oleh Kepala Madrasah dilakukan dengan strategi dalam tahap input yang dibagi menjadi proses pendaftaran, uji pemetaan, rapot kelulusan, dan pengumuman, strategi dalam Tahap Proses yang mencakup SDM (Sumber Daya Manusia) Lembaga Pendidikan, sarana dan prasana, workshop, pelatihan, seminar bagi guru-guru (pendidik) dan tenaga pendidik sesuai dengan tugasnya, perbaikan- perbaikan sarana dan prasarana dan pembangunan musholla madrasah, perluasan kelas dan ruang perpustakaan sebagai pendukung pembelajaran, program baca tulis al-Qur’an bagi semua siswa secara berkala. Strategi Tahap Output berupa persiapan ujian-ujian UM, UAMBN, pembinaan intensif setiap pagi hari dan sore hari diluar kegiatan belajar mengajar, pedoman dasar program kerja seperti struktur organisasi, pedoman atau aturan manajemen, dan TUPOKSI kepala madrasah, guru dan karyawan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II: Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, kepala, kualitas, pendidikan, madrasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:03
Last Modified: 18 Jan 2022 02:03
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1767

Actions (login required)

View Item View Item