KARAKTER PEMIMPIN PENDIDIKAN DALAM KITAB AL-JAMI’ ASH-SHAHIH LIL-IMAM AL-BUKHARI

NUR KHAMIM KN HADZIQ, 172610000476 (2020) KARAKTER PEMIMPIN PENDIDIKAN DALAM KITAB AL-JAMI’ ASH-SHAHIH LIL-IMAM AL-BUKHARI. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
01. 172610000476_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. 172610000476_BAB I.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. 172610000476_BAB II.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. 172610000476_BAB III.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. 172610000476_BAB IV .pdf - Published Version

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. 172610000476_BAB V .pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. 172610000476_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. 172610000476_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (908kB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk meneliti karakter Pemimpin pendidikan dalam kitab Al-Jami’ ash-Shahih Imam Bukhari. Penelitian ini perlu dilakukan, mengingat adanya sebagian Pemimpin pendidikan pada hari ini, tidak layak dijadikan tauladan yang baik bagi pendidik, tenaga kependidikan, karyawan, dan peserta didik yang ada di dalam lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Hal tersebut karena jauhnya mereka dari nilai dan akhlak islami yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits yang seharusnya dimiliki oleh pemimpin.
Penelitian ini adalah library research (penelitian pustaka) karena yang dijadikan obyek kajian adalah karya literature berupa kitab hadits, yaitu, al-Jami’ ash-Shahih karya Imam Abu Abdillah Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim al-Bukhari. Oleh karena itu, data-data yang diperlukan ialah data tekstual, yaitu hadits-hadits tentang karakter pemimpin pendidikan yang ada di dalam kitab al-Jami’ ash-shahih Imam Bukhari dengan interpretasi hadits dari ulama hadits. Adapun metode pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan deduktif (deductive approach) dan pendekataan induktif (inductive approach).
Hasil akhir dari penelitian ini adalah bahwa karakter pemimpin pendidikan dalam kitab al-Jami’ ash-Shahih Imam Bukhari adalah: 1. Ikhlas karena Allah; sebagaimana dalam hadits nomor 1, 53, 2529, 3898, 5070, 6689, 6953; yang diriwayatkan – diantaranya – oleh Shahabat Umar ibn Khaththab ra. 2. Taqwa; sebagaimana dalam hadits nomor 2587. Yang diriwayatkan oleh Shahabat Nu’man ibn Basyir ra. 3. Berilmu; sebagaimana dalam hadits nomor 100 dan 7307. Yang diriwayatkan oleh shahabat Abdullah ibn ‘Amr ibn ‘Ash ra. 4. Adil; sebagaimana dalam hadits nomor 2587. Yang diriwayatkan oleh Shahabat Nu’man ibn Basyir ra. 5. Jujur dalam perkataan dan perbuatan; sebagaimana dalam hadits nomor 50 dan 4777. Yang diriwayatkan oleh Shahabat Abu hurairah ra. 6. Bertanggungjawab; sebagaimana hadits nomor 5188 dan 7138. Yang diriwayatkan oleh Abdullah ibn Umar ra. 7. Konsekuen, Perkataan sesuai dengan perbuatan; sebagaimana dalam hadits nomor 3267 dan 7097. Yang diriwayatkan oleh Usamah ibn Zaid ibn Haritsah ra. 8. Sabar; sebagaimana dalam hadits nomor 6088. Yang diriwayatkan oleh Shahabat Anas ibn Malik ra. 9. Lemah lembut dan Kasih sayang; sebagaimana dalam hadits nomor 6025, yang diriwayatkan oleh Shahabat Anas ibn Malik ra. 10. Mempunyai Atensi terhadap keadaan pegawai, peserta didik, dan karyawan; sebagaimana dalam hadits nomor 70, yang diriwayatkan oleh Shahabat Abdullah ibn Mas’ud ra. 11. Tawadhu’ (rendah hati); sebagaimana dalam hadits nomor 6247, yang diriwayatkan oleh Shahabat Anas ibn Malik.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag Pembimbing II : Dr. H. Mashudi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Hadits, Karakter, Pemimpin.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:27
Last Modified: 17 Jan 2022 03:27
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1741

Actions (login required)

View Item View Item