NOOR HABIB, 172610000475 (2020) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH ALIYAH IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Tesis thesis, UNISNU Jepara.
|
Text
3_172610000475_COVER.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
2_172610000475_BAB I.pdf - Published Version Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
3_172610000475_BAB II.pdf - Published Version Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
4_172610000475_BAB III.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
5_172610000475_BAB IV.pdf - Published Version Download (949kB) | Preview |
|
|
Text
6_172610000475_BAB V.pdf - Published Version Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
7_172610000475_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
8_172610000475_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penulisan ini 1) Untuk menjelaskan bagaimana program kegiatan ekstrakurikuler dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat program kegiatan ekstrakurikuler dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. 3) Untuk mengetahui sejauh mana hasil penguatan pendidikan karakter peserta didik melalui program kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripif
Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan: trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri atas: reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. keabsahan data dengan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability.
Hasil penelitian penguatan pendidikan karakter peserta didik melalui program kegiatan ekstrakurikuler di madrasah Aliyah Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus antara lain: 1) perencanaan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap awal tahun ajaran baru. Melalui rapat koordinasi kepala Madrasah, seluruh wakil kepala, koordinator masing masing kegiatan ekstrakurikuler dan para pendidik, pelaksanaan kegiatan diadakan satu pekan sekali kecuali menjelang perlombaan dan undangan dari Masyarakat, seluruh peserta didik diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat masing-masing, untuk kelas X diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler LDKS, secara keseluruhan kegiatan ekstrakurikuler di madrasah aliyah Ibtidaul Falah meliputi: Pramuka, LDKS, Teater, Marching Band, Bahtsul Kutub, Rebana, Kaligrafi, Paskibraka, PBB, Pencak silat, Bola voly, Futsal, Batminton, dan Tenis meja. Kegiatan berjalan sesuai jadwal yang disusun oleh Wakil Kepala bagian kesiswaan bersama Koordinator masing-masing kegiatan ekstrakurikuler, pengorganisasian program kegiatan ekstrakurikuler dikendalikan langsung oleh masing-masing koordinator yang diawasi oleh waka kesiswaan, pengendalian dilakukan ketika pelaksanaan sedangkan evaluasi dilakukan setelah selesai kegiatan, pada saat laporan triwulan dan juga pada waktu akhir tahun, hal yang dievaluasi meliputi; tarjet juara, partisipasi peserta didik dalm mengikuti kegiatan, dan hasil dari pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler sesuai Visi, Misi dan Tujuan Madrasah Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. 2) factor pendukung program kegiatan ekstrakurikuler dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik diMadrasah Aliyah Ibtidaul Falah antara lain: sarana prasarana,dana yang mencukupi, para peserta didik yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, pendamping yang kompeten dibidangnya, lingkungan yang kondusif adapun factor penghambat antara lain: cuaca yang tidak menentu, kondisi tempat tinggal peserta didik daerah pegunungan yang sulit layanan transportasi maupun signal,latar belakang siswa yang beragam 3) semua kegiatan ekstrakurikuler diawali dan diakhiri dengan berdoa hal ini membuat peserta didik setiap melakukan pekerjaan sehari-hari akan terbiasa memulai dan mengakhiri dengan berdoa, peserta didik dibina untuk bersikap jujur yang diterapkan atau dibentuk pada saat mereka tampil didepan public ini menjadikan mereka dapat membentuk karakter jujur pada peserta didik itu sendiri, kreatif, yang mengharuskan mereka menemukan ide-ide yang dituangkan dalam latihan, Bertanggung jawab pada tugas mereka masing-masing seperti menghafalkan naskah, menirukan tokoh yang mereka perankan, dan menghafalkan gerakan sesuai yang mereka perankan, kebersamaan yaitu terlihat ketika mereka makan bersama, shalat berjamaah hadir dalam pentas dan saling menguatkan untuk menghasilkan satu karya yang dinanti pementasannya, peserta didik lebih aktif, komunikatif, demokratis, menghargai pendapat orang lain karena sudah terbiasa berdiskusi, bermusyawarah saat kegiatan ekstrakurikuler Bahtsul Kutub, tertanam pada pribadinya cinta tanah air sebagaimana keterlibatan dalam kegiatan agustusan. Sifat sosial dan tolong menolong tertanam pada diri peserta didik ketika ada bencana tanah longsor ini terlihat ketika anak-anak pramuka menggalang bantuan untuk didonasikan.
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M. Ag Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Penguatan Pendidikan Karakter, Peserta didik, Kegiatan Ekstrakurikuler |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:20 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:20 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |