MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM PECANGAAN

NURUL ZULAEHA, 182610000546 (2020) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM PECANGAAN. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 182610000546_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 182610000546_BAB I.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 182610000546_BAB II.pdf - Published Version

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 182610000546_BAB III.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 182610000546_BAB IV.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 182610000546_BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 182610000546_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 182610000546_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview

Abstract

Kepala sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru, dalam prakteknya kepala sekolah mampu meningkatkan kinerja guru secara optimal. Kinerja guru memiliki hubungan dengan mutu pembelajaran dalam parakteknya guru mampu menyampaikan pembelajaran dengan baik. Tujuan dari penelitian ini ialah : 1) untuk mengetahui Kinerja Guru pendidikan Agama Islam di SMP Islam Pecangaan, 2) untuk mengetahui faktor – faktor yang dapat meningkatkan Kinerja Guru pendidikan Agama Islam di SMP Islam Pecangaan, 3) Untuk mengetahui Manajemen Kepala Sekolah SMP Islam Pecangaan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMP Islam Pecangaan, yang dilaksanakan pada bulan Maret hingga selesai. Subjek penelitian adalah Guru PAI SMP Islam Pecangaan. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah SMP Islam Pecangaan dan guru PAI SMP Islam Pecangaan. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini ada tiga hal sesuai rumusan masalah penelitian yang bisa disimpulkan 1) Kinerja Guru PAI SMP Islam Pecangaan selalu memperhatikan iklim sekolah, kondisi siswa, dan ketersiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran, 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi dalam meningkatkan kinerja guru, dalam hal ini yang dimaksudkan adalah kendala serta solusi apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja guru, diantara kendala tersebut adalah guru yang melakukan usaha lain diluar sekolah/dinas, dan guru kurang menguasai materi pembelajaran. Dalam hal ini, kepala sekolah SMP Islam Pecangaan memberikan solusi yang terbaik untuk para guru PAI di SMP Islam Pecangaan, diantara solusi tersebut adalah solusi yang dilaksanakan kepala sekolah berkaitan dengan guru melakukan usaha lain yaitu dengan membuat suatu kebijakan dengan memberikan tugas jam mengajar pada waktu yang bisa dilaksanakan guru dengan baik, demi lancarnya PBM. Solusi yang dilaksanakan kepala sekolah berkaitan dengan penguasaan materi yakni memberi tugas membuat RPP dan perangkat mengajar lainnya, 3) Manajemen kepala sekolah SMP Islam Pecangaan yaitu dengan meningkatkan kedisiplinan, pemberian motivasi, pemberian penghargaan, terbuka, dan musyawarah.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Munasir, M.M.
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru PAI, Manajemen Kepala Sekolah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:19
Last Modified: 17 Jan 2022 03:19
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1735

Actions (login required)

View Item View Item