MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR 1 BANGET KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS

KESWANTO, 172610000536 (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR 1 BANGET KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 172610000536_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 172610000536_BAB I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 172610000536_BAB II.pdf - Published Version

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 172610000536_BAB III.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 172610000536_BAB IV.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 172610000536_BAB V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 172610000536_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 172610000536_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (951kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dalam pengembangan karakter peserta didik di SD 1 Banget Kaliwungu Kudus? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam pengembangan karakter peserta didik di SD 1 Banget Kaliwungu Kudus? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dalam pengembangan karakter peserta didik di SD 1 Banget Kaliwungu Kudus?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan (field research) yang dilaksanakan di SD 1 Banget Kaliwungu Kudus. Tempat tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pendidikan karakter. Data tersebut
diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dan dicek secara berkala dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran PAI dalam pengembangan karakter peserta didik di SD 1 Banget Kaliwungu Kudus yakni
guru mempunyai rencana dan kegiatan yang dapat mendukung dalam penanaman pendidikan karakter, dimulai dari pengarahan dan jadwal kegiatan yang sudah ditetapkan dan arahan guru dan contoh-contoh perilaku atau sikap yang baik. Karena dengan adanya contoh tersebut siswa akan senantiasa mengerti dan dapat mengikuti apa yang telah diarahkan oleh guru. Contoh karakter yang dilakukan guru sebagai contoh kepada siswa, yaitu tanggung jawab, jujur, disiplin, sopan terhadap guru lain, peduli kepada siswa, hafalan surat pendek, asmaul husna, dan pembiasaan berperilaku baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam
pengembangan pendidikan dalam membentuk karakter di SD 1 Banget Kaliwungu Kudus ini tidak hanya terjadi di kelas tetapi di luar kelas. Siswa-siswa kami sedikit demi sedikit bisa mengkolaborasi dan kerjasama dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Mengambil informasi dan mengikuti contoh-contoh perilaku baik yang terkandung dalam materi pembelajaran. Selain itu, guru senantiasa
memantau perkembangan moral atau akhlaq mereka dengan adanya nasihat dan pengarahan. Kemudian guru memotivasi siswa dalam pembelajaran agar selalu mempersiapkan materi, serta pemberian contoh yang baik dari guru juga menjadikan panutan bagi siswa agar mengikuti perilaku yang baik. Setelah
memahami antara perilaku yang baik maka siswa didanjurkan untuk senantiasa melakukan perilaku yang baik atau akhlak yang mulia. (3) Evaluasi pembelajaran PAI dalam pengembagan karakter peserta didik di SD 1 Banget Kaliwungu Kudus melalui pengamatan guru kelas masing-masing terkait karakter dan perilaku yang dilakukan oleh siswa, selain itu evaluasi tersebut diupayakan sebagai perbaikan akhlak atau perilaku siswa sebagai penanaman perilaku baik kepada siswa. Semua guru harus memberikan pengarahan secara terus menerus dalam pembelajaran, dan mengambil contoh baik untuk disampaikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Pengembangan Karakter.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:13
Last Modified: 17 Jan 2022 03:13
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item