MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NU NAHDLATUL FATA PETEKEYAN TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ULYA ZAIFURO, 192610000664 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NU NAHDLATUL FATA PETEKEYAN TAHUNAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
192610000664_COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000664_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000664_BAB II.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000664_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000664_BAB IV.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000664_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000664_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
192610000664_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Manajemen Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Madrasah Aliyah NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis dan membahas manajemen pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional Peserta didik Madrasah Aliyah NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara.Menganalisis dan membahas Kecerdasan Emosional Peserta didik didik di Madrasah Aliyah NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan JeparaMenganalisis dan membahas faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di Madrasah Aliyah NU Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara.
Di dalam penelitian ini dideskripsikan bagaimana manajemen pembelajaran aqidah akhlak untuk mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik madrasah aliyah Nu Nahdlatul fata Petekeyan Tahunan Jepara maka metode dan pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian dimana peneliti ditetapkan sebagai instrument kunci, penelitian kualitatif menghasilkan dan mengola data yang sifatnya deskriptif, seperti transkripsi wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Pembelajaran Akidah Akhlak mempunyai peranan penting dalam Pengembangan kecerdasan emosional Peserta Didik yang dapat menjadi pondasi dalam pencapaian kebahagiaan di dunia dan di akhirat, sehingga pantaslah jika Rasulullah Saw. diutus Allah hanya untuk menyampaikan dan menyempurnakan akhlak manusia. 2). Adapun kecerdasan emosional peserta didik di Madrasah Aliyah NU Nahdlatul Fata adalah peserta didik sudah mampu mengelola emosinya dengan baik, mampu memotivasi dirinya dan mampu berhubungan baik dengan orang akan tetapi masih ada sebagian peserta didik yang kurang disiplin, memiliki rasa takut, cemas, khawatir, motivasi yang rendah dan marah berlebihan. Adapun upaya guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik yaitu: guru mampu memahami karakter peserta didik, guru mengenali jenis emosi peserta didik, memberikan bimbingan kepada peserta didik, memberikan motivasi dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik, pengembangan kecerdasan emosional dalam pelajaran Akidah Akhlak, dan pemberian hukuman bagi peserta didik yang melanggar tata tertib di sekolah. 3). Adapun faktor pendukung dan penghambat guru Akidah Akhlak dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik yaitu: adanya kerja sama antar guru, peningkatan SDM, sarana dan prasarana di Madrasah Aliyah NU Nahdlatul Fata, dan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah NU Nahdlatul Fata. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: peserta didik tidak menaati tata tertib di sekolah, peserta didik kurang percaya diri peserta, tuntutan nilai dan terbatasnya waktu pertemuan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag Pembimbing II : Dr. Muhammad Khoiruddin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Aqidah Akhlak, Kecerdasan Emosional.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X5.1 Akhlak (Akhlaq)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:10
Last Modified: 14 Jan 2022 03:10
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item