PENDIDIKAN HUMANISTIK (Studi Komparasi antara Pemikiran Paulo Freire dan KH. Abdurrahman Wahid)

HANNY ROKHMAH, 161310003563 (2021) PENDIDIKAN HUMANISTIK (Studi Komparasi antara Pemikiran Paulo Freire dan KH. Abdurrahman Wahid). Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
161310003563_COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003563_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003563_BAB II.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003563_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003563_BAB IV.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003563_BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003563_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161310003563_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pendidikan di era sekarang ialah kemajuan terhadap perkembangan teknologi yang tentunya tidak hanya memiliki dampak positif saja namun juga dampak negatif.

Tujuan dari penulisan skripsi ini antara lain: 1) Mengidentifikasi konsep pemikiran Paulo Freire mengenai pendidikan humanistik, 2) Mengidentifikasi konsep pemikiran KH. Abdurrahman Wahid mengenai pendidikan humanistik, 3) Memetakan corak pemikiran Paulo Freire dan KH. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan humanistik.

Jenis penelitian menggunakan pendektan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yang berfokus pada kajian isi. Dimana penelitian ini tertujuan pada pendeskripsian cakupan pendidikan humanistik terkait corak pemikiran Paulo Freire dan KH. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan humanistik. Sumber data penelitiannya berasal dari riset pustakan seperti buku, literatur, dan beberapa koleksi buku pribadi maupun perpustakaan serta karya ilmiah yang relevan dengan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan humanistik yang terkandung dalam pemikiran Paulo Freire melalui karya-karyamya. Pendidikan humanistik yang terkandung dalam pemikiran KH. Abdurrahman Wahid melalui karya-karyanya. Yang keduanya sama-sama memiliki pandangan mengenai sejarah yang mengawali akan terkonsepnya pemikiran, implementasi, kurikulum, dan metode pendidikan yang berberbeda-beda. Pemikiran yang membedakan antara keduanya baik dari sisi kalangan Islam dan Barat. Serta perbedaan dan persamaan pendidikan humanistik antara keduanya.
Relevansi pendidikan humanistik menurut pemikiran Paulo Freire dan KH. Abdurrahman Wahid terdapat pada buku-buku karya Freire dan Gus Dur. Yakni menjelaskan mengani pendidikan humanis baik dari segi konsep, kurikulum, implementasi dan metode yang diterapkan.
Harapannya semoga penulisan skripsi ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam menerapkan pendidikan humanistik di lembaga pendidikan dan pembaca. Dan meningkatkan rasa semangat, aktif, dan kritis bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Saefudin, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Humasnistik, Paulo Freire, Abdurrahman Wahid.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:04
Last Modified: 14 Jan 2022 03:04
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1697

Actions (login required)

View Item View Item