KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH KAJEN MARGOYOSO PATI

NM. SYAIFUL RIJAL, 172610000486 (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH KAJEN MARGOYOSO PATI. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 172610000486_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 172610000486_BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 172610000486_BAB II.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 172610000486_BAB III.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 172610000486_BAB IV.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 172610000486_BAB V.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 172610000486_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

tipe kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala Madrasah sebagai manajer harus mengetahui dan menguasai secara menyeluruh tugas-tugas guru, sehingga mampu menjadi manajer bagi pelaksanaan semua tugas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis 1) kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen Margoyoso Pati, 2) kinerja guru di Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen Margoyoso Pati, dan 3) strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen Margoyoso Pati.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian etnografis. Penelitian ini akan mendeskripsikan kepemimpinan Kepala madrasah Aliyah Salafiyah Kajen dan kinerja guru. Data dalam penelitian ini digali dari dua sumber utama, yaitu Kepala Madrasah dan Guru, dengan menggunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Sebelum melakukan analisis, data yang didapatkan diuji keabsahannya dengan uji validitas dan reliabilitas melalui uji kredibilitas, transferability, depenability dan konfirmability.
Hasil penelitian ini adalah 1) Kepala Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen Margoyoso Pati memiliki tipe kepemimpinan laissez faire, dan demokratik. Kepala Madrasah Aliyah Salafiyah tidak banyak memberikan arahan maupun petunjuk, karena menganggap semua guru telah memiliki kompetensi yang cukup. Walaupun begitu, Kepala Madrasah Aliyah Salafiyah selalu meminta pendapat dari rekan guru yang lain terkait dengan solusi yang akan diambil untuk mengatasi permasalahan; 2) Kinerja Guru Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen belum menunjukkan kinerja yang baik, dilihat dari indikator a) target kurikulum b) pelaksanaan pembelajaran, c) kedisiplinan, d) kemampuan bekerjasama dalam perbaikan pembelajaran. Pada indikator target kurikulum, pencapaian target kurikulum belum dinalisia sesuai aturan yang berlaku. Pada indikator pelaksanaan pembelajaran, tampak belum menggunakan metode belajar yang bisa mengaktifkan siswa, serta belum memanfaatkan media pembelajaran yang ada. Pada indikator kedisiplinan, tingkat kehadiran sangat tinggi. Pada indikator kemampuan bekerjasama dalam perbaikan pembelajaran, belum tampak dilaksanakan oleh sebagian besar guru; dan 3) Strategi Kepemimpinan yang digunakan Kepala Madrasah Aliyah Salafiyah untuk meningkatkan kinerja guru adalah a) meningkatkan kedisiplinan, b) memberikan kesejahteraan yang baik, dan c) menciptakan lingkungan madrasah yang kondusif.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa`dullah Assa`idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepala Madrasah, kinerja guru, Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Jan 2022 04:25
Last Modified: 13 Jan 2022 04:25
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item