PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DI KELAS VIII F MTS MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA TAHUN AJARAN 2020/2021

ZULI RAHMAWATI, 141310003042 (2021) PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DI KELAS VIII F MTS MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
141310003042_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003042_BAB I.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003042_BAB II.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003042_BAB III.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003042_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003042_BAB V.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
141310003042_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga suasana pembelajaran kurang begitu menarik perhatian peserta didik. Salah satu metode bervariasi yang bisa digunakan adalah metode bernyanyi. Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran dengan cara peserta didik melagukan materi pembelajaran baik dengan musik maupun tidak.

Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan faktor pendukung serta faktor penghambat pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode bernyanyi di kelas VIII F MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode bernyanyi di kelas VIII F MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara sudah terlaksana cukup baik, pelaksanaan pembelajarannya dilakukan secara daring/online dengan memanfaatkan Whtasapp sebagai perantaranya. Adapun kegiatan pembelajarannya meliputi tiga tahap, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Untuk kegiatan pendahuluan dan penutup dilaksanakan sebagaimana pembelajaran pada umumnya, mulai dari salam pembuka, cek kehadiran peserta didik, dan lain-lain, hingga penyampaian simpulan pembelajaran dan salam penutup. Pada tahap kegiatan inti penggunaan metode bernyanyi, pendidik memberikan contoh video pembelajaran menggunakan metode bernyanyi ke peserta didik, dan selanjutnya peserta didik diberi kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan mereka dalam merangkai lirik lagu yang asli dengan materi pembelajaran. Metode bernyanyi dinilai lebih efektif untuk mengasah kreatifitas peserta didik, dan juga untuk memudahkan peserta didik dalam menghafal materi pelajaran, meskipun hanya untuk materi-materi tertentu saja. Minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran juga lebih meningkat ketika pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode bernyanyi, sehingga hal tersebut menciptakan suaasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Khalimatus Sadiyah, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Bernyanyi
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X9 Sejarah Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Jan 2022 03:15
Last Modified: 13 Jan 2022 03:15
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1671

Actions (login required)

View Item View Item