MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA TAHUN AKADEMIK 2020/2021

ABDUL KHAFID, 182610000608 (2021) MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA TAHUN AKADEMIK 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 182610000608_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 182610000608_BAB I.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 182610000608_BAB II.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 182610000608_BAB III.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 182610000608_BAB IV.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 182610000608_BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 182610000608_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 182610000608_LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru melalui Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Akademik 2020/2021. Rumusan masalah dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel? 2) Bagaimana implementasi kepemimipinan transformasional kepala madrasah di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel? 4) Apa indikator peningkatan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sedangkan jenisnya adalah penelitian survey/lapangan. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya meningkatan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel dilakukan dengan pembinaan instansial bentuknya pembinaan internal madrasah, pembinaan Kemenag serta pembinaan Pengawas Pendidikan Islam dan Kelompok Kerja Madrasah Aliyah. Dan juga pembinaan individual bentuknya seperti: Mengikuti workshop, pelatihan, supervisi, membaca buku, mengikuti perkembangan media, seperti google, youtube dan mengikuti forum guru. (2) Implementasi kepemimpinan transformasional kepala madrasah tercermin dalam bentuk kemampuan kepala madrasah mengedepankan keteladanan dalam mengimplementasikan visi dan misi, memberikan dorongan yang menginspirasi, mengembangkan ide kreatif serta kemampuan memberikan perhatian individu kepada semua guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik mereka. (3) Faktor pendukung internal guru adalah motivasi diri dan dukungan dari keluarga. Pada pendukung eksternal adalah keberadaan kepala madrasah, ketua yayasan dan lingkungan sekitar. Faktor penghambat internal guru adalah keberadaan waktu terbatas dan semangat yang naik turun. Dan penghambat eksternal guru adalah keberadaan sarana prasarana serta keberadaan wali murid yang kurang faham dengan program madrasah, solusi yang diberikan adalah mengadakan sarana prasarana secara bertahap dan dengan melakukan parenting. (4) Indikator peningkatan kompetensi pedagogik guru adalah tercermin dari kemampuan guru dalam memahami peseta didik, merancang dan melaksanakan pembelajaran, serta peningkatan kemampuan dalam mengevaluasi dan mengembangkan potensi peserta didik baik akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Barowi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Munasir, M.M
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.1 Pedagogi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.2 Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:48
Last Modified: 13 Jan 2022 02:48
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1659

Actions (login required)

View Item View Item