MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

HARSONO, 192610000653 (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 192610000653_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 192610000653_BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 192610000653_BAB II.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 192610000653_BAB III.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 192610000653_BAB IV.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 192610000653_BAB V.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 192610000653_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 192610000653_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMKN 1 Jepara. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : a). Bagaimana manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMKN 1 Jepara tahun Pelajaran 2020/2021. b). Apa saja Faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMKN 1 Jepara tahun Pelajaran 2020/2021. c). bagaimana hasil manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jepara tahun pelajaran 2020/2021.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskripstif analitik. Teknik pengumplan data melalui 1) wawancara (interview), 2) pengamatan (observasi) dan 3) dokumentasi. Selajutnya teknik analisis data dalam proposal penelitian ini mengikuti langkah-langkah model milles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a). manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMKN 1 Jepara terdiri dari 1). Perencanaan , 2). Pelaksanaan , 3). Penilaian dan 4). Pengawasan. b). faktor pendukung dan penghambat manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter religious peserta didik di SMKN 1 Jepara adalah 1). Faktor pendukung yaitu Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Lingkungan masyarakat , Sarana dan prasarana. 2). Faktor penghambat yaitu Banyaknya Jumlah peserta didik yang diampu GPAI, Kurangnya Kesadaran peserta didik untuk mengikuti kegiatan -kegiatan keagamaan, Waktu bertatap muka yang tidak ada karena pandemi, waktu guru tidak hanya mengajar di kelas dan Pemanfaatan teknologi yang tidak tepat. c). Hasil manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan karakter religius peserta didik di SMKN 1 Jepara ditunjukkan dengan antusiasnya peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Munasir, M.M.
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, Karakter religius, PAIBP
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Jan 2022 02:31
Last Modified: 13 Jan 2022 02:31
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item