MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NU RAUDLATUL MUALLIMIN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RITA SUGIARTI, 182610000571 (2021) MANAJEMEN SARANA PRASARANA DALAM PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NU RAUDLATUL MUALLIMIN WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 182610000571_COVER.pdf - Published Version

Download (877kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 182610000571_BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 182610000571_BAB II.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 182610000571_BAB III.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 182610000571_BAB IV.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 182610000571_BAB V.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 182610000571_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 182610000571_LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah NU Raudlatul Muallimin Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah NU Raudlatul Muallimin Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021, 3) untuk mengetahui hasil peningkatan kualitas pembelajaran melalui manajemen sarana dan prasarana di Madrasah Tsanawiyah NU Raudlatul Muallimin Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/202.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang diadakan secara langsung dengan objek penelitian dan dilakukan suatu pengumpulan data yang berada di lapangan. Peneliti berusaha mengungkap Manajemen Sarana Prasarana dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah NU Raudlatul Muallimin Wedung Demak Tahun Pelajaran 2020/2021.
Hasil Penelitian ini adalah : a) Perencanaan sarana dan prasarana yang dilakukan dengan cara menganalisis jenis pengalaman pendidikan yang diprogramkan madrasah, Pengorganisasian sarana dan prasarana dilakukan dengan memberikan tanggung jawab kepada personil untuk mengelola sarana prasarana, serta dilakukan pengadaan sarana prasarana, Pelaksanaan manajemen sarana prasarana diwujudkan dengan penggunaan dan pemanfaatan sarana dan prasarana, Evaluasi sarana dan prasaran dilakukan oleh tim evaluator setiap tiga bulan sekali, akhir semester, dan akhir tahun, Tindak lanjut sarana prasarana dilakukan dengan melakukan pemeliharaan dan pengawasan terhadap sarana dan prasarana tersebut. b) Faktor pendukung : adanya kinerja yang baik dari tenaga pendidikan dan kependidikan, proses pembelajaran yang berkualitas, dan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat : Pola perilaku siswa yang kurang baik, dan adanya guru yang gagap teknologi. c) Hasil peningkatan kualitas pembelajaran melalui manajemen sarana dan prasarana adalah ketercapaian ketuntasan belajar, ketercapaian keefektifan aktivitas siswa, yaitu pencapaian waktu ideal yang digunakan siswa untuk melakukan setiap kegiatan termuat dalam rencana pembelajaran, ketercapaian efektivitas kemampuan guru mengelola pembelajaran serta respon siswa terhadap pembelajaran yang positif.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Sa`dullah Assa`idi, M.Ag. Pembimbing II : Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Manajemen Sarana Prasarana
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.6 Gedung Sekolah
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:40
Last Modified: 12 Jan 2022 03:40
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item