PEMBENTUKAN KARAKTER KEJUJURAN PESERTA DIDIK MELALUI MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI TAMBAHARJO 01 TAMBAKROMO PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

HANAFI, 192610000720 (2021) PEMBENTUKAN KARAKTER KEJUJURAN PESERTA DIDIK MELALUI MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN PADA SEKOLAH DASAR NEGERI TAMBAHARJO 01 TAMBAKROMO PATI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 192610000720_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 192610000720_BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 192610000720_BAB II.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 192610000720_BAB III.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 192610000720_BAB IV.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 192610000720_BAB V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 192610000720_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 192610000720_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana manajemen pembentukan karakter kejujuran peserta didik melalui ekstrakurikuler kepramukaan Pada Sekolah Dasar Negeri Tambaharjo 01 Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan , serta sejauh mana kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam pembentukan karakter kejujuran peserta didik pada Sekolah Dasar Negeri Tambaharjo 01.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian termasuk penelitian survei. Sumber data diperoleh melalui informasi dari kepala madrasah, waka kurikulum dan guru serta dokumen-dokumen yang relevan. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data kegiatannya adalah pengelompokan data berdasarkan variabel dan jenis responden, mentabulasi data berdasarkan variabel dari seluruh responden, menyajikan data dari tiap variabel yang diteliti, melakukan perhitungan untuk menjawab rumusan masalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan dilakukan dengan menyusun program kerja, RAK, prota, promes, silabus, rencana pelaksanaan kegiatan, dan kriteria penilaian kegiatan. 2) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka setiap hari Jum’at pukul 14.00 sampai 16.30 WIB. 3) Hasil evaluasi kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan baik. 4) Faktor pendukung pembentukan karakter melalui manajemen ekstrakurikuler kepramukaan adalah sarana dan prasarana, dukungan orang tua, dukungan sekolah, dan dukungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu dan motivasi siswa. 5) Keberhasilan pembentukan karakter melalui manajemen ekstrakurikuler kepramukaan dapat dilihat dari peserta didik yang menyampaiakan pengumuman dari sekolah kepada orang tua dengan apa adanya, peserta didik yang melapor kepada guru ketika menemukan uang atau barang, serta peserta didik yang bersedia menerima hukuman ketika melanggar peraturan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Moh. Nasuka, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Subaidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Ekstrakurikuler, Pendidikan Karakter, Karakter Kejujuran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.8 Siswa, Murid, Pelajar (kegiatan ekstrakulikuler)
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Jan 2022 03:23
Last Modified: 12 Jan 2022 03:23
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1631

Actions (login required)

View Item View Item