MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

NOOR ISMAWATI, 182610000627 (2021) MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH NU IBTIDAUL FALAH SAMIREJO DAWE KUDUS TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
1. 182610000627_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 182610000627_BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 182610000627_BAB II.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 182610000627_BAB III.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 182610000627_BAB IV.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 182610000627_BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 182610000627_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 182610000627_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah 1) untuk mengetahui strategi mutu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pembelajaran 2020/2021. 2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat mutu pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pembelajaran 2020/2021. 3) untuk mengertahui bagaimana peningkatan hasil belajar akidah akhlak melalui mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus tahun pembelajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni penelitian yang diadakan secara langsung dengan objek penelitian dan dilakukan suatu pengumpulan data yang berada di lapangan. Peneliti berusaha mengungkap Mutu Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Strategi Mutu Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah dengan strategi pembelajaran yang meliputi; Pertama, perencanaan yang terdiri dari pengembangan silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), menyiapkan materi ajar, menyiapkan alat, media serta sumber pembelajaran. Kedua, pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Ketiga, evaluasi yang terdiri dari evaluasi harian, evaluasi tengah semester dan evaluasi akhir semester (baik secara tertulis, lisan, maupun praktek). 2) Faktor pendukung dan penghambat meliputi: Faktor Pendukung, meliputi: Faktor Internal yaitu aspek psikologis yang terdiri dari intelegensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, dan kesiapan. Faktor Eksternal yaitu pertama, aspek keluarga yang terdiri dari: cara orang tua mendidik anak, suasana rumah, keadaan ekonomi keluarga. Kedua, aspek sekolah yang terdiri dari: metode mengajar, pengembangan kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, keadaan gedung, alat pelajaran. Ketiga, aspek masyarakat yang terdiri dari: bentuk kehidupan masyarakat, dan teman bergaul, Faktor Penghambat, meliputi:Faktor Internal, yakni pertama, latar belakang pendidikan siswa. Kedua, gaduh dalam kelas. Ketiga, materi yang terlalu banyak. Faktor eksternal, meliputi faktor lingkungan, seperti keluarga dan teman bergaul. 3) Peningkatan hasil belajar akidah akhlak melalui mutu pembelajaran diantaranya adalah:Peningkatan pemahaman siswa tentang pembelajaran akidah akhlak, peningkatan kualitas pendidik, peningkatan kualitas peserta didik, peningkatan program pembelajaran, peningkatan ekosistem pembelajaran yang berkualitas, peningkatan lembaga pembelajaran, peningkatan fasilitator pembelajaran.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. H. Mashudi, M. Ag Pembimbing II : Dr. H. Muhammad Khoiruddin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Mutu Pembelajaran, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:57
Last Modified: 12 Jan 2022 02:57
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item