KONSEPSI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYAIKH AHMAD MARZUKI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM

FATIKHATUN NUR, 181310003934 (2021) KONSEPSI PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SYAIKH AHMAD MARZUKI DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
181310003934_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
181310003934_BAB I.pdf - Published Version

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181310003934_BAB II.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181310003934_BAB III.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181310003934_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
181310003934_BAB V.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181310003934_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui konsep pemikiran pendidikan Islam menurut Syaikh Ahmad Marzuki dalam kitab karangannya ‘Aqidatul ‘Awam. (2) Untuk mengetahui relevansi pemikiran pendidikan Islam menurut Syaikh Ahmad Marzuki dalam konteks pendidikan sekarang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab ‘Aqidatul ‘Awam dan buku pemikiran pendidikan Islam, sumber sekundernya adalah terjemahannya dan sumber tersier adalah kitab-kitab dan buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis konten (content analysis).
Temuan penilitian ini menunjukkan bahwa sistematika yang dipakai dalam penulisan kitab ini adalah tematik, yang penulisannya dari satu pasal ke pasal lain berdasarkan jumlah aqoid nadhom dan pokok masalah yang terkandung didalamnya. Adapun nilai pendidikan Islam didalamnya mencakup tiga pokok pembahasan yaitu Aqidah, Akhlak dan Ibadah. Pendidikan Aqidah berisi tentang pendidikan keimanan dimana terdiri dari iman kepada Allah, kepada Rasulullah, Kitab-kitab Allah, kepada Malaikat Allah, kepada Hari Akhir dan kepada Qada Qadar. Pendidikan Akhlak berisi tentang meneladani empat sifat wajib Rasulullah yaitu Sidiq (jujur), Amanah (dapat dipercaya), Fathonah (cerdas) dan Tabligh (menyampaikan).Pendidikan Ibadah berisi tentang menjalani perintah dan menjauhi larangan Allah. Adapun relevansi pendidikan Islam menurut Syaikh Ahmad Marzuki dengan pendidikan sekarang adalah pemikiran pendidikan Islam menurut Syaikh Ahmad Marzuki yang terkandung dalam kitab ‘Aqidatul ‘Awam masih relevan dari pendidikan dahulu sampai pendidikan sekarang meskipun output yang dihasilkan kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Natsir, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Pendidikan Islam, ‘Aqidatul ‘Awam, Relevansi.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 11 Jan 2022 01:41
Last Modified: 11 Jan 2022 01:41
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item