PENGARUH HAFALAN AL-QUR`AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR`AN HADIST DI MTS TAHFIDZ YANBU`UL QUR`AN MENAWAN KUDUS

ABDUL MUHLI, 151310003528 (2021) PENGARUH HAFALAN AL-QUR`AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AL-QUR`AN HADIST DI MTS TAHFIDZ YANBU`UL QUR`AN MENAWAN KUDUS. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[img]
Preview
Text
151310003528_COVER.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003528_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003528_BAB II.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003528_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003528_BAB IV.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003528_BAB V.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003528_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img]
Preview
Text
151310003528_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1.Menjelaskan prestasi hafalan Al-Qur’an siswa MTs Tahfidz Yanbu’ul Quran Menawan Kudus. 2.Menjelaskan prestasi belajar siswa MTs Tahfidz Yanbu’ul Quran Menawan Kudus. 3.Menganalisis Pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa MTs Tahfidz Yanbu’ul Quran Menawan Kudus.
Penelitian ini mengunakan metode survei field research dengan tehnik Analis. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 40 responden yaitu siswa Mts Tahfidz Yanbu’ul Quran Menawan Kudus dan dilakukan dengan random sampling atau sampel acak. Pengumpulan data menggunakan angket, yaitu metode atau alat pengumpul data yang berupa sejumlah soal tertulis yang dijawab secara tertulis pula oleh responden mengetahui Hafalan AL-quran sebagai varuabel X dan Teknik dokumentasi digunakan untuk mengetahui prestasi belajar al-quran hadist sebagai variabel Y .
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan analisis pendahuluan dengan mencari nilai meanya. Pengujian hipotesis peneliti menggunakan regression linier. Dari analisis tersebut menunjukkan bahwa: 1. Tingkat Hafalan Al-Qur’an siswa di MTs Tahfidz Yanbu‘ul Qur‘an kudus yahun pelajaran 2019/2020, adalah baik sebesar 57,5%, karena dalam interval antara 45-59. 2.Prestasi belajar siswa MTs Tahfidz Yanbu’ul Quran Menawan Kudus tahun pelajaran 2019/2020, adalah baik, yaitu 80,6. 3.Terdapat Pengaruh yang posisitif dan signifikan antara hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi siswa MTs Tahfidz Yanbu’ul Quran Menawan Kudus, hal ini terbukti dari hasil uji t adalah 2,866 untuk X tahfidz Angka ini disebut dengan t hitung, yang selanjutnya dibandingkan dengan nilai t tabel, t tabel untuk sampel 40: 0,681. Sehingga nilai t hitung variabel yahfidz lebih besar dari t tabel maka disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan antara Hafalan AL-quranterhadap Prestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Azzah Nor Laila, S.Th.I., M.S.I
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.12 Ilmu Qiraat dan Tajwid (hafalan Al-Qur'an, bacaan Al-Qur'an, membaca Al-Qur'an)
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 10 Jan 2022 06:52
Last Modified: 10 Jan 2022 06:52
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item